Masalah Console Playstation 4 & Cara Mengatasinya


Salam hangat dari Hamdan, Kali ini Hamdan mau berbagi tentang masalah yang sering dialami console PlayStation 4 dan beberapa cara yang dapat mengatasi nya. Sebagaimana console pendahulu nya, PS4 juga masih sering terjadi beberapa masalah baik itu disebabkan karean ketidak tahuan kita sebagai pemakai atau karena kerusakan sistem & hardware pada console.
Untuk mengatasi masalah yang timbul beberapa cara bisa kita coba sebelum pergi ke tukang servis, langsung saja kita bahas satu-persatu.
1. Indikator Lampu Berkedip Warna Biru (Blue Line of Death)
Dalam keadaan normal, lampu console PS4 akan menyala dengan warna biru ketika masih booting (saat baru dinyalakan) dan akan berubah warna menjadi putih neon ketika console sudah selesai booting dan sudah tampil home screen di TV. Nah.. kalau kamu menyalakan PS4 tapi lampu nya tidak berubah dan malah berkedip saat lampu berwarna biru berarti kamu mengalami masalah ini. Lampu tidak berubah warna menjadi putih karena console gagal mengirimkan video output dari console ke TV, seolah-olah PS4 kita tidak mengirim kan video ke TV dan akan otomatis mati loh console nya. Kita bahas solusi yang memunginkan.
a. Jika kamu menggunakan TV dengan teknologi tinggi (Smart TV) yang bisa terkoneksi dengan internet dan ada OS nya (kaya Samsung TV gitu) coba kamu upgrade firmware TV kamu. Karena kemungkinan masalah ada pada TV yang firmware nya tidak update, coba download dan pasang firmware baru TV kamu lalu coba lagi PS4 nya. Jika kamu pakai TV biasa lewati langkah ini.
b. Cek kabel HDMI kamu, kemungkinan masalah juga ada pada kabel HDMI. Apakah kabel tidak terbakar / putus. Cek juga jack tempat kabel HDMI di pasang (bolongan / colokan nya) apakah ada karat atau anomali lain yang tidak normal pada jack nya (cek di console dan di TV)
c. Periksa Power Suply (sumber listrik) tekan dulu tombol power di depan console dan tahan selama kira-kira 7 detik sampai terdengar bunyi beep dua kali, lalu cabut colokan listrik dan periksa apakah AC adaptor atau kabel nya ada kerusakan.
d. Cek Hardisk – pastikan dulu PS4 sudah mati & tidak ada lagi sisa aliran listrik di console, lalu cabut semua kabel yang nyambung ke console. Lalu geser ke depan bagian atas penutup Hardisk untuk membuka nya. Setelah dibuka periksa apakah ada anomali atau kerusakan pada Hardisk.
Jika semua sudah dilakukan & masih terjadi masalah terpaksa harus dilakukan pembongkaran (kalau masih garansi ya ke outlet lagi aja)
2. Indikator Lampu Berkedip Warna Merah (Red Line of Death)
Coba tebak kenapa warna merah? Kalau yang nebak console terlalu panas jawaban mu betul. Console bisa mengalami Overheat (console terlalu panas) lampu indikator akan menyala merah dan berkedip-kedip sampai akhir nya terdengar bunyi beep 3 kali lalu console otomatis akan mati. Lakukan langkah berikut
a. Jika lampu Indikator mulai merah langsung matikan PS4 nya, tekan tombol power sekitar 7 detik sampai bunyi beep. Lalu cabut kabel adaptor (penting!! Kalau console mati tapi kabel tetap terkoneksi listrik kemungkinan overheat akan cepat terulang lagi)
b. Letakan console di tempat yang bisa menghindari panas. Jang di atas karpet, di dalam Rak tertutup, atau di bawah jendela yang kena sinar matahari. Tempat yang cukup ventilasi lebih bagus. Dengan meletakan console secara vertikal (berdiri) juga bisa membantu mengurangi panas. Kalau masih kurang pakai kipas angin arahkan ke console saat dipakai.
3. PSN (PlayStation Network) Tidak Terhubung
Kita memerlukan koneksi ke PSN via internet untuk mengupagrade firmware PS4, mendownload game, dan sebagainya. Tapi terkadang muncul masalah seperto pada Gambar di bawah ini

An Error Has Been Occured E-80E80034 yang muncul di layar TV artinya kita gagal konek ke PSN. Jika masalah ini terjadi
a. Tunggu sampai koneksi terhubung.. apa ini solusi? Ya tunggu adalah solusi nya. Jika tidak bisa konek saat itu tunggulah beberapa jam lalu coba koneksi lagi. Saya sudah coba dan berhasil. PSN adalah Network yang mengandalkan Internet, jika koneksi sedang padat wajar saja kalau terjadi masalah. Server PSN juga kan banyak yang pakai jadi menunggu dan sabar adalah solusi nya
b. Solusi kedua adalah download apa yang mau kamu pasang dari PSN lewat komputer, karena lewat komputer akan lebih mudah terhubung ke PSN. Nanti transfer hasil download nya ke console pakai USB lalu bisa install lewat USB saja.
4. Auto Eject (Disc Game Langsung Keluar Sendiri Setelah Dimasukan)
Console akan otomatis mengeluarkan disc jika Disc tersebut tidak bisa terbaca oleh console. Masalah mungkin ada pada Disc. Apakah Disc nya ada cacat / kerusakan kamu harus periksa dulu. Memposisikan console secara vertikal (Berdiri) juga membantu mengatasi masalah ini, console yang diletakkan berdiri lebih mudah membaca Disc. Jika kebalikan nya terjadi, ketika di eject Disc tidak keluar maka kamu ahrus tekan tombol eject di console secara manual. Jangan memaksakan eject lewat sistem.

Sekian dulu dari Hamdan.. kalau kedepan nya ada lagi masalah yang bisa kita bahas maka posting ini akan diupdate.

Comments

  1. Makasih infonya, Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Gan... nunmpang tanya kalo tombol powernya gak fungsi bgmn ya..? gak mau on kalo di tekan.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu indikatot nya nyala ga gan? Klo nyala warna nya apa?

      Delete
    2. Lampu indikatot nya nyala ga gan? Klo nyala warna nya apa?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Gan, kl PS 4 gak bisa nyala smsekali gmn ya? Lampu pun gak nyala jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kndisi baru apa second gan? Udh dicoba di colokin ke steker yg beda? Cek juga konektor sm adaptor nya apa udh dpsang dgn bnar?

      Delete
    2. Itu kndisi baru apa second gan? Udh dicoba di colokin ke steker yg beda? Cek juga konektor sm adaptor nya apa udh dpsang dgn bnar?

      Delete
  4. Tanya gan ? Apa penyebab PS4 random shutdown jika dihubungkan ke internet (via wifi) ? Kalau tdk dihubungkan internet, berjalan normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update firmware ke 3.55 gan. Klo ga bs lewat ps4 nya krna klo online lgsng shutdown sndri. Agan download lwat pc dulu. Nti install pake flashdisk. Untuk pnybabnya cm pihak sony yg tau slnya mslah bkn ada di hardware ps4 nya.

      Delete
    2. Update firmware ke 3.55 gan. Klo ga bs lewat ps4 nya krna klo online lgsng shutdown sndri. Agan download lwat pc dulu. Nti install pake flashdisk. Untuk pnybabnya cm pihak sony yg tau slnya mslah bkn ada di hardware ps4 nya.

      Delete
    3. Update firmware ke 3.55 gan. Klo ga bs lewat ps4 nya krna klo online lgsng shutdown sndri. Agan download lwat pc dulu. Nti install pake flashdisk. Untuk pnybabnya cm pihak sony yg tau slnya mslah bkn ada di hardware ps4 nya.

      Delete
  5. Infonya bermanfaat Gan.. thanks.
    Btw, mau tanya nih, beli ps4 500gb.. sekarang cek di system storage mgmt totalnya hanya 200an Gb. Nah 300 nya lagi kemana yaa..
    Jadi total application, capture galery, saved data dan themes hanya 200an Gb.

    Kenapa ya Gan.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Error itu gan. Masuk safe menu. Matiin dlu ps4 nya. Trus tekan & tahan tmbol power sampe bunyi bip 2x. Trus pilih restore database. Nti hdd nya kd 403gb slnya yg 93gb kepake buat OS.

      Delete
  6. Wah nemu juga solusinya disini gan thanks bangt gan banyak pahalanya deh, susah juga ya klo mau update selalu korup gan, harus diulang ulang trs apalgi klo update game2nya sampe 20gigaan ad yg 40giga..bisa ga lewat pc update gameny pke psn?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama gan. Sy jg sering mslah ky gt krna koneksi intrnet kurang mendkung. Solusinya bs ko update download lewat pc agan login ke PSN nya pake akun PS4 nya. Abis itu transver via usb

      Delete
    2. Gan ps 4 saya tiba tiba ga mau nyala pas dimainkan ditekan tombol power nya juga gda tanda" kehidupan itu bermasalh dmn gan

      Delete
  7. Gan saya kan lagi main terus tiba tiba listrik rumah saya mati , gimana cara hidupin ps4nya lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas disambungin ke listrik bunyi bip ga gan?
      klo susah nyala ada bbrpa kemungkinan yg bisa dicoba.
      1. cabut semua kabel, power kabel sama kabel HDMI nya juga trus simpan dulu console nya. setelah beberapa puluh menit baru coba nyalakan lagi.
      2. klo pas dicolokin bunyi bip coba diamkan dulu dalam posisi standby (listrik terhubung tp console tidak dinyalakan) biarkan beberapa puluh menit lalu coba nyalakan lagi.
      3. kemungkinan terburuk ada konslet di dalam console karena listrik tiba2 mati dan agan harus servis ps4 nya

      Delete
  8. gan, ane kan baru aja update ps 4 ke 4.01, nah semuanya berjalan lancar tuh dr download sampe install. Lalu malapetaka pun dateng; pas saya pengen masuk ke PSN (login PSN) malah gabisa bisa. Padahal wifi lancar, semuanya lancar, yg ada cuma tulisan An error has occured beserta kode yg dimulai dr kata WS. Gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akun PSN nya di hapus dulu gan, trus log in ulang pake akun yg lama. ato klo mau bikin akun baru. saran pake akun lama aja, cuma login ulang.

      Delete
  9. Gan mau tanya kenapa controller nya ga bisa nyala yah, kaya ga ada power gt, di charge lampu nyala kuning, tapi ga bisa nyala lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil dikonekin pake usb nya bs nyala ga gan?

      Delete
  10. Gan mo nanya knp ps 4 sya bru bbrp menit maen udah muncul peringatan ps trlalu panas dan langsung shut down sndiri..punya solusiny ga gan??

    ReplyDelete
  11. Gan saya mau update system software:version 4.06,kalo gagal update ada resiko nya ga gan?

    ReplyDelete
  12. Kalo ps4 sering turn off n rest mode sendiri kenapa

    ReplyDelete
  13. gan ane mau tny,ps4 ane normal jalan ny,indikator lampu ny putih tetapi suka sesekali bunyi beep 3x,knp ya gan? padahal pas main game normal.. saya main paling lama 2jam gan.. help gan.

    ReplyDelete
  14. Gan ane mw tanya ps 4 ane di tv samsung ga bisa tapi kalo di tv LG bisa masalahnha dimana?sebelumnya bisa di tv ane yang samsung, tapi ane bawa pergi terus ganti ke tv LG..abis itu pulang ga bisa lagi ke tv samsung pasane coba lagi ke LG bisa gan..solusinyà?

    ReplyDelete
  15. Gan ps saya kena mode reset terus g mau nyala lagi cuman kedip2 putih doang...gimana tuh membalikan nya yg bener
    Kalau saya cabut kabelnya... Alhamdulillah ga apa2...kalau gitu lagi gimana nanganinya....soalnya g sengaja kena mode reset.tadinya mau off ehhh kna mode reset...solusinya kalau kna lagi gimana????

    ReplyDelete
  16. Gan saya mau tanya, kenapa waktu di masukin kaset ps4 nya terbaca, tapi waktu mau di tekan tombol bulat dan start sesuai petunjuk ngak bisa? Saya sudah coba keluarin kasetnya, dan coba tombol bulat dan start di pemilihan menu jadi gan, pas waktu ada kaset kok ngak jadi.

    ReplyDelete
  17. Gan knp ps4 aq ini nyala tapi pada saat konek pake stick utuk tkan tombol "PS" g bisa...bisa ksih solusinya

    ReplyDelete
  18. Punya saya tidak mau tampilkan halaman

    ReplyDelete
  19. Gan maaf mau nanya, knp ps4 sy gak merespon disk yg di masukin keterangan nya disk tidak di kenal tapi kadang2 mau kadang2 gak, terus kaset satunya itu bisa tapi harus di pancing dengan memainkan kaset yg lain dl..terima kasih

    ReplyDelete
  20. Gan saya punya PS 4 fat hen 7.55. Pas saya hidupin psnya lampunya biru nya nyala cuma berkedip terus lampu putihnya ga mau nyala... Kadang nyala lampu putih nya cuma di TV gambarnya gak tampil... Kira kira apa ya masalahnya???

    ReplyDelete

Post a Comment