Problem Stick Controller PlayStation 3 & Cara Mengatasinya


Salam hangat dari Hamdan. Untuk teman-teman sekalian para gamers yang menggunakan console PS3 kali ini kita akan membahas permasalahan yang sering terjadi pada Stick Controller PS3 dan beberapa tips dari saya untuk mengatasi masalah tersebut. Setidaknya kita bisa tahu dan mengenali dulu masalah yang terjadi dengan Stick Controller PS3 kita sehingga ketika terjadi masalah kita tidak panik dan memboroskan biaya untuk pergi ke tukang servis.
Ketika Stcik Controler terjadi masalah belum tentu Stick Controller tersebut rusak & harus dibongkar. Jika masalah di bawah ini terjadi coba lakukan langkah-langkah penanggulangan nya. 99% langkah tersebut dapat memperbaiki permasalahan Stick Controller yang kita alami, langsung saja ke permasalahan nya juragan :
1. Stick Controller Tidak Bisa Digunakan Secara Wireless
Langkah mengatasi masalah tersebut adalah :
a. Pastikan dulu Stick Controller Controler kita tidak rusak dengan cara menghubungkan Stcik Controler ke kabel USB Console, jika menggunakan kabel USB Console ternyata Stick Controller bisa digunakan maka permasalahan ada di koneksi  Wireless nya dan kita siap melakukan langkah yang kedua.
b. Setelah memastikan di langkah pertama, pastikan dulu setingan Wireless PS3 kita tidak salah. Mungkin saja setting tidak sengaja kita rubah sehingga ada kesalahan koneksi. Jika tidak ada kesalahan setting atau juragan ngga mau repot-repot nyari settingan yang berubah yang mana maka lakukan langkah selanjutnya.
c. Langkah selanjutnya adalah mengembalikan settingan Stick Controller ke default (Bawaan Pabrik) dengan begitu semua setting yg salah atau berubah akan kembali seperti semula. Cara me-reset setting Stcik Controler ke default yaitu sebagai berikut : (1) Temukan lubang kecil tempat tombol reset. Lubang kecil ini biasanya terletak di dekat tombol L2 dibagian bawah Stcik Controler. Tombol reset nya ada di dalam lubang kecil tersebut. (Lihat Gambar)


(2) Pakai klip kertas yg sudah diluruskan atau pake pentol korek api atau pakai apa saja lah yang bisa masuk ke lubang kecil itu, lalu tekan tombol reset tersebut. (3) Setelah mereset ulang Stcik Controler lakukan koneksi ulang ke console dengan cara menyambungkan Stcik Controler menggunakan kabel USB ke Console lalu tekan tombol PS. (seperti yang kita lakukan ketika baru pertama kali menggunakan Console)
2. Stick Controller Tidak Bergetar / Vibration Tidak Berfungsi
Sebelumnya perlu kita ketahui kalau dalam keadaan default (settingan pabrik) fungsi Vibration selalu dalam keadaan mati. Jadi pastikan dulu settingan nya dalam keadaan hidup.
Beberapa game dan software PS3 tidak mensupport vibration jadi pastikan dulu software atau game yang kita mainkan mensupport vibration untuk DualShock 3. Kita bisa tahu game mensupport vibration mengatasi masalah tersebut adalah  adalah dengan melihat logo DualShock3 Compatible di game atau software tersebut.
Jika semua itu sudah dilakukan tapi vibration masih belum berfungsi maka lakukan langkah mengatasi masalah dibawah ini :
 a. Pastikan dulu Stick Controller kita tidak rusak dengan cara menghubungkan Stcik Controler ke kabel USB Console.
b. Pastikan baterai terisi penuh, terkadang jika baterai low vibrator tidak akan berfungsi karena untuk menghemat tenaga
c. Coba dulu reset console nya, matikan lalu hidupkan lagi
d. Coba gunakan Stick Controller di console PS3 lain (punya temen ato pinjem ke rental :D ) apakah masalah masih terjadi
e. Coba gunakan Stick Controller lain ke console juragan apakah di Stcik Controler lain vibration hidup atau tidak
f. Coba gunakan lebih dekat dengan console mungkin saja Stcik Controler terlalu jauh dari jangkauan Bluetooth
g. Pastikan tidak lebih dari 7 koneksi Bluetooth yang disimpan di PS3 kita. Jika lebih dari 7 buang dulu satu atau dua koneksi Bluetooth yang tersimpan.
h. Langkah terakhir adalah mereset ulang seperti cara mengatasi masalah wireless di atas. Lalu ketika kita memasangkan ulang Stcik Controler ke console setelah reset pastikan tidak ada koneksi usb lain ke console PS3 nya. (koneksi USB hanya Stcik Controler yang sedang dipasangkan jika ada flashdisk atau cooling fan cabut dulu dari console)
Begitulah sedikit ulasan masalah Stcik Controler PS3 yang saya catat, berdasarkan pengalaman saya langkah tersebut cukup efektif namun jika masalah masih terjadi ya terpaksa juragan harus tetap membawa Stcik Controler ke tukang servis. Jika ada permasalahan lain yang saya alami dan saya tahu cara mengatasinya maka postingan ini akan diupdate.

Comments

  1. Replies
    1. Siap.. makasih kunjungan nya juragan :)

      Delete
    2. Gan minta bantuan, ane d rumah ada 2 ps3, nah pas dinyalain stick nya malah ke yg satunya semua, solusinya gimana?

      Delete
    3. @Muhammad Daffa : pilih stik mana yg mau agan pake buat ps3 yg satu nya, lalu reset stick nya. hubungkan ke PS3 yang mau agan pakai menggunakan USB kabel nya. lalu sync-kan dengan console yg agan kehendaki. cabut USB lalu coba hubungkan wireless. jika prosedur betul maka stick agan udh terhubung dgn PS3 yg agan kehendaki & tidak akan terhubung ke PS3 satunya (jika mau menghubungkan ke PS3 satunya lagi, agan harus sync ulang juga)

      Delete
    4. bro, nih stik gw kog muter mulu ya analog y?

      Delete
    5. Di Lem aja biar enggak muter

      Delete
    6. bos.. kenapa gak padam juga ya indikator pada stik nya.. padahal sudah lama ane ngecas nya

      Delete
    7. Min stik ps saya mati total tiba2 di colok usb jga gx bsa nyala

      Delete
    8. Bro mau tanya...kenapa pas mau rebuild,stik nya tdk mau konek padahal sudah pencet logo ps n sudah di sambungkan pake kabel usb masih saja tdk bisa konek,4 lampu nya nyalah trus tdk mau switch ke 1...itu knpa ya????

      Delete
    9. Mas cara benerin lampu led mati gimana yah, stik ps3 sixaxis, dibuat main normal semua mas stiknya tetapi lampu led 1234 mati semua mas. Gimana yah caranya biar bisa hidul lagi lampunya mas.

      Delete
    10. Bang mau nanya nih, stick ps3 ane error lampu indikator nya kedap kedip sendiri padahal PSnya dalam keadaan mati, terus kalo PSnya ane nyalain stick nya ga bisa dikontrol dan sering mencet tombol ps button sendiri.mohon pencerahhannya bang

      Delete
    11. Mas kok L1 ku gabisa ya buat main pes ganti pemain jadi gabisa, ps3 udh di reset jga mas stik nya. Cara mengatasinya gmana ya mas?

      Delete
  2. thanks brooii..
    info anda mantap...
    kalau bisa tambah cara nemperbaikinya brooo
    am tutorual lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hamdan gan ps3 ane kalo main harus dengan console stick wireless nya gan .... Harus deket banget setengah meter aja hilang sdh gak konek sma stick seperti lemah sinyal wireless nya gan kira2 apa nya yg harus diperbaiki itu gan

      Delete
    2. Wireless conector nya udh lemah itu gan. Udh lama ya pmakaian nya? Klo pake stick yg lain masih lemah brti conector di console nya gan hrus dilepas dulu dr mainboard baru bs direplace

      Delete
    3. Gan ini kan stick saya baterainya low, tapi dipake main terus. Waktu baterainya sepenuhnya habis, Lampu Stiknya nggak mau nyala walaupun udah dicharge ke kabel USB nya. Kenapa kayak gitu ya? Minta bantuannya.

      Delete
    4. Misi gan ane mau tanya. Ane ada 2 stick ps 3 yg wireless.. tp kok yg 1 nya itu gabisa di koneksiin yaa.. jadi harus pakai kabel. Dan cuma konek di 1 kabel aja. Kalo dikoneksin pake kabel lain itu gabisa. Itu kenapa ya gan? Mohon respon nya. Terima kasih

      Delete
    5. Misi gan ane mau tanya. Ane ada 2 stick ps 3 yg wireless.. tp kok yg 1 nya itu gabisa di koneksiin yaa.. jadi harus pakai kabel. Dan cuma konek di 1 kabel aja. Kalo dikoneksin pake kabel lain itu gabisa. Itu kenapa ya gan? Mohon respon nya. Terima kasih

      Delete
    6. Misi gan ane mau tanya..stik ps ane tombol homenya eror jdi klo lgi main suka ke home atau ke setting...nah ini gmna bang problemnya?

      Delete
  3. bro kalau stickny trtuliz conect tp wkt dpencet tombolny gak ada yang bisa..itu kenapa ya..?? mhon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dulu koneksi ke console ps3 yang lain gan. misal punya temen. klo msh ga bisa sprtinya inputboard nya rusak & perlu diganti. baca caranya di bagian maintenance di blog sy ini

      Delete
    2. Mo tanya gan, klo pas qt mo pencet stik'y skali tp mlah kya brkali-kali kepencet'y. Jd kya pake turbo gto, sy dah restar stik'y tp masih kya gto kadang2

      Delete
    3. Mo tanya gan, klo pas qt mo pencet stik'y skali tp mlah kya brkali-kali kepencet'y. Jd kya pake turbo gto, sy dah restar stik'y tp masih kya gto kadang2

      Delete
    4. Andry Dave : itu artinya kontak tombol ke mainboard stick nya teroutus2 gan, masalahnya ada dibantalan karet tombol. coba dibuka trus bersihin dulu karet tombol nya. kalo masih ga bisa berarti input board nya yang harus diganti

      Delete
    5. Nice infoo nihh stik ane udah berfungsi seperti sediakala hehe thankss

      Delete
    6. sama2 mkas juga udh mampir gan

      Delete
    7. Gan mohon bantuan nya ps3 ane pas di nyalain ada bacaan (connect the controller using a usb cable, and then press the ps button) itu kenapa ya gan.?
      Kira* klo di benerin habis berapa.?

      Delete
    8. Kalau stik GK mau konek gimana mas, mohon infonya mas

      Delete
  4. Min saya main call of duty, trs ada perintah use right stick. Apa yg harus saya tekan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tau COD nya versi apa? setau saya perintah nya pasti disertai jenis tombol nya gan, karena right itu "Kanan" biasa nya diikuti kata "Right Analog" berarti yg ditekan analog kanan, atau "Right Directional" berarti tombol arah kanan. kalau mksud agan kasus nya itu stick ga fungsi sama sekali dan keluar tulisan Use Right Stick ada kemungkinan kerusakan pd stick juragan, yg mengakibatkan stick tdk terbaca sbg controller PS3 di console juragan.

      Delete
    2. Kalo stik belok ke kanan terus knp ya?

      Delete
  5. Min r2 gue gak bisa dinyalakakan gitu min,itu apa permasalahnnya ?dan kenapa ps3 gue kalau nyala tiba tiba mati ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tombol R2 nya itu harus dibuka dulu gan biar tahu msalah nya, mungkin ada di bantalan karet nya. coba diganti. kalau masih ga bisa brti input board nya yg bermasalah. PS3 agan mati sendiri waktu main itu kemungkinan karena overheat. ciri-ciri terjadinya overheat adlah : 1. Kipas console terdengar lebih berisik, 2. ada hawa / angin panas keluar dari belakang console 3. akan terdengar bunyi "Bip" & ps3 akan mati sendiri. klo sdh sprti itu diistirahatkan dulu gan console nya, simpan di tempat terbuka yang banyak udara, lalu letakan vertikal. setelah beberapa jam baru mainkan lagi, supaya ga overheat lagi pakai Fan aksesoris nya, ato kalo ga ada pakai kipas angin aja biar ga cpt panas

      Delete
    2. Trimkasih kak berkat solusi Abang sya gak ngeluarin uang dan hari ini buln puasa smoga Kakak di beri rizeki panjang umur maksih kak

      Delete
  6. Bang saya mau nanya bagaimana cara waktu sya udah hidup kan ps nya udah di mulai tiba tiba langsung nggak ada gambar terus stiknya langsung mati tapi ps nya masih hidup bagaimana cara ulangin dari awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min cara buka r2nya gimana min?

      Delete
    2. Maulana Ichsan : baca disini http://hamdan-maulana.blogspot.co.id/2015/11/cara-mengganti-tombol-stick-ps3-tutorial.html sampai langkah ke 7 aja R2 nya bisa diganti gan

      Delete
    3. M.adzel alvian : itu bisa keluar sampai menu Ps3 nya ga gan? trus udah cb stick nya ke console yg lain blm? klo bs lebih detail lg spy sy tahu mslah nya gan

      Delete
    4. bos.. stik ps3 ane dah lama ngecas nya kq gak padam juga ya lampu indikator nya. mohon bantuanya

      Delete
    5. Bos stik gue kenapa jadi ngaco semuanya ya di layar

      Delete
  7. Makasih infonya membantu banget

    ReplyDelete
  8. makasih bro saranya.. alhamdulillah stik ane jadi jalan lagi

    ReplyDelete
  9. Stik usb bisa konek os3 gaa yaah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg bisa, ada yg tidak gan. tergantung merk. biasanya yg bisa untuk PS3 dalam dus / bungkus nya ada tulisan "Playstation Compatible". klo ga ada brti cuma bisa di PC aja

      Delete
    2. min ps3 ane kalo stik dipasang kipas langsung brisik gmn solusinya ya

      Delete
  10. Stik usb bisa konek ke ps3 ga yaa ? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg bisa, ada yg tidak gan. tergantung merk. biasanya yg bisa untuk PS3 dalam dus / bungkus nya ada tulisan "Playstation Compatible". klo ga ada brti cuma bisa di PC aja

      Delete
  11. Stik usb bisa konek ke ps3 ga yaa ? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg bisa, ada yg tidak gan. tergantung merk. biasanya yg bisa untuk PS3 dalam dus / bungkus nya ada tulisan "Playstation Compatible". klo ga ada brti cuma bisa di PC aja

      Delete
  12. Stik usb bisa konek os3 gaa yaah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg bisa, ada yg tidak gan. tergantung merk. biasanya yg bisa untuk PS3 dalam dus / bungkus nya ada tulisan "Playstation Compatible". klo ga ada brti cuma bisa di PC aja

      Delete
  13. Min...stik saya udah saya reset,udah pencet di lubang kecil..tapi tetap ga bisa konek wifi ke ps3...kalo pake usb bisa...wifi nya aja yg ga bisa konek...lampu indikatornya cuma kedip2 trus mati kalo mau konek wifi nya ...;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang perlu agan cek :
      1. apakah stik sudah disetting ulang setelah di reset? krna stlah reset setelan akan kembali ke bawaan pabrik & stik harus diprogram ulang di console seperti baru pertama kali digunakan
      2. klo sdh setting tp msh ga bisa, cb cek dulu kondisi baterai? apakah full atau tdk, kndisi baterai lemah akan menonaktifkan wifi/bluetooth & stik akan minta terus dicolok saat dimainkan
      3. klo no 1 & 2 bkn sumber masalahnya, coba pakai stik lain. apakah stik lain tidak ada masalah? jika dicoba dgn stik lain masalah masih terjadi berarti ada kerusakan di wireless konektor console PS3 juragan. kalau pakai stik lain masalah tidak terjadi berarti console agan aman & kerusakan ada di konektor wireless stik juragan (silahkan baca bagian maintenance di web ini.)

      Delete
  14. Replies
    1. Bisa gan, asal firmware PS3 agan 4.60 ke atas.

      Delete
  15. Mas, saya mau nanya, tadikan saya baru beli stick ps3 DualShock 3 Wireless tapi yg KW,kan baterai sangat low/tinggal sedikit sekali, ketika mengecas pas dicolokin ke saklar listrik, lampu stick berkedip semua lalu mati, apakah baterai nya tetap berjalan walaupun lampu tidak menyala??? Atau lampu tidak menyala karena low energy tadi itu, tetapi itu baterai nya tetap berjalan? Apa memang terjadi seperti itu ketika mengecas stick ps3 pada saat baterai terkuras habis karena baru beli??? Dan apakah stick itu rusak jika terjadi seperti itu? Coba kasih solusi nya mas, cara cas stick ps3 yg baik? karena saya tidak punya Playstation 3, Hanya untuk bermain di hp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Gan, yang bagus itu mau kondisi masih baru atau sudah berkali2 dipakai, sebaiknya jgn sampai menguras habis isi baterai stik nya agan. ketika sudah low ya di carge aja dulu. terus agan ngecarge nya pakai carger apa? karena yg terbaik untuk mencarge stick PS3 adalah Console PS3 itu sendiri. pakai USB Cable yang langsung terhubung ke Console PS3 nya. memang sih pakai carger USB lain (misalnya carger HP) yang langsung agan colokin ke steker listrik juga bisa, tapi hal itu sangat riskan merusak baterai & mainboard stick nya, krna adaptor carger HP tidak semua memiliki arus yang sama, kalau agan mau lebih berhati-hati lihat dulu voltase / kuat arus yg tertera di kenop adaptor carger USB nya lalu cocokan dengan voltase stick PS nya agan, kalau sesuai berarti aman dipakai, kalau ga ya ht2 bs ngerusak. tergantung gan, jika stlah mslah yg agan alami ini stick langsung tidak bisa dipakai brti memang rusak, tapi kalau masih bisa dipakai tapi lampu nya udh ga bisa nyala asumsi saya ya ada kerusakan di lampu nya sj karena "mungkin" terjadi perbedaan ukuran arus listrik yg masuk ke baterai stik agan. kalau lampu stik nya nyala tapi berkedip & tombol sama sekali tdk responsif (tdk terhubung sm HP / Console) brti agan tinggal reset aja stik nya.

      Delete
  16. Mau tanya Gan, Pas nyalain stick tiba stick Ane seperti seolah-olah kepencet semua tombolnya...minta pencerahannya Gan...

    ReplyDelete
  17. Mau tanya Gan, Pas nyalain stick tiba2 stick Ane seperti seolah-olah kepencet semua tombolnya...minta pencerahannya Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba direset dulu gan, klo msh trouble cb cek
      1. analog kanan & kiri (R3 & L3) apakah masih bagus, klau sdh rusak tombol sering ketekan sendiri jadi seolah2 tombol kotak segitiga bulat lingkaran ditekan bersamaan.
      2. klo yg no 1 bkn sumber masalah, agan harus ganti input boardnya.

      Delete
    2. Ok Siip..terimakasih pencerahannya Gan..Ane coba dulu ya..

      Delete
  18. Gan mau nanya, udah install GTA SA dan stik PS3 sudah connect, tapi sekali masuk kok gambarnya mutar mutar terus? Minta bantu pencerahannya gan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud nya gambar nya mutar2 gmn ya gan? apa angle kamera nya yg terus2an muter gt? klo iya cb cek analog nya gan, kan di GTA kita muter kamera pakai analog kanan, klo tombol analog nya ada eror/trouble kadang seperti terus ditekan sendiri wlpun ga ditekan sama kita, jadi otomatis angel kamera jadi muter terus. klo masalah nya bukan di stick nya coba agan ksh screenshot nya, atau jelasin muter2 nya kaya gmn :)

      Delete
  19. Gan mau nanya, udah install GTA SA dan stik PS3 sudah connect, tapi sekali masuk kok gambarnya mutar mutar terus? Minta bantu pencerahannya gan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud nya gambar nya mutar2 gmn ya gan? apa angle kamera nya yg terus2an muter gt? klo iya cb cek analog nya gan, kan di GTA kita muter kamera pakai analog kanan, klo tombol analog nya ada eror/trouble kadang seperti terus ditekan sendiri wlpun ga ditekan sama kita, jadi otomatis angel kamera jadi muter terus. klo masalah nya bukan di stick nya coba agan ksh screenshot nya, atau jelasin muter2 nya kaya gmn :)

      Delete
    2. Hape ane Samsung Tab3. 8" gan, sudah di check dengan sixasis compatible check semua fungsi OK. Dan kalo digunakan pada menu di HP gak ada masalah. Tapi pada saat masuk ke game GTA SA, tampilannya/ angelnya muter2 sendiri tanpa bisa dikontrol. Jadi solusinya gimana gan?

      Delete
    3. Iya gan klo untuk main di Android sy kurang pengalaman gan mknya baru tau ada trouble kaya gini. apa game nya lancar klo control nya ga pake stick? trus pernah cb pake stick yg lain? trus saran saya coba dulu dicolok ke PS3 stick nya test satu2 semua tombol apa ada trouble.

      Delete
  20. Min saya punya stick ps3 lampunya nyala tapi dipencet apapun gak bisa gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba di reset? lampu indikator bukan jaminan stick ga ada trouble gan. cb direset dulu. klo masih ga bisa brti ada yg rusak di mainboard nya

      Delete
  21. Gan dualshock 3 ane bagian kanan (R1, R2, segitiga, kotak, X, O) gx ada respon kalau dipencet padahal bagian kiri (L1, L2, 4arah) bisa. Start, Select, Power, dan analog kanan kiri bisa. Itu apa'y ya gan yg rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mati sebelah ya gan? input board nya gan hrus diganti. yg ky plastik bening penghubung mainboard sama tombol nya

      Delete
    2. Oke gan. Terima kasih. Sudah saya ganti dan normal kembali.

      Delete
    3. Oke gan. Terima kasih. Sudah saya ganti dan normal kembali.

      Delete
  22. Gan mau nanya dongg,srik ps3 saya analog kiri jalanterus ke ara atas gimna ya gan bnerinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diputer analog nya kembali ke tengah ga gan? klo analog nya stuck ke atas terus brti agan harus ganti analog nya. klo tombol analog nya normal tp tetep terus mengarah ke atas agan bogkar cek input board nya (yg sperti plastik bening) trus agan cek ada kotoran atau bersihkan dulu. klo stelah dibersihkan masih trouble agan harus ganti input board yg baru. tutorial ganti input board ada di bagian maintenance website ini.

      Delete
    2. Makasih gan info nya, entar saya cek deh

      Delete
    3. Makasih gan info nya, entar saya cek gan

      Delete
  23. Gan, aneka mau main ps3 setelab itu ps ga ane mainin berbulan bulan smpe btre sticknya abis total. Nah pas ane mau mainin kok stick anr yg berfungsi yg buat arah aja ya sma analog kri sedangkan x,o kotak dll ga brrfungsi. dan stick anr krdua duanya kyak gini gan. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mgkn kena debu itu gan input board nya, agan coba bongkar trus cek input board (bagian plastik bening penghubung mainboard sm karet keypad tombol) agan bersihin dulu, trus cek jalan lagi ga, klo masih trouble agan mesti beli input board yang baru trus di replace. tutorial ganti input board ada di bagian maintenance di website ini gan

      Delete
  24. Min.. stik ane udah ane reset,udah pencet di lubang kecil, tapi tetap ga bisa konek wifi ke ps3.. tapi kalo usb terhubung ke stik, stik bisa dipakai.. kemudian usb ane lepas dari stik, seketika lampu indikator stik mati semua n stik gak bisa dipakai.. padahal stik baru pemakaian 2 minggu, karena analog rusak trs ane ganti analognya.. nah mulai dari situ stik ane bermasalah.. cara menyelesaikannya gmna min.?

    ReplyDelete
  25. Min.. stik ane udah ane reset,udah pencet di lubang kecil, tapi tetap ga bisa konek wifi ke ps3.. tapi kalo usb terhubung ke stik, stik bisa dipakai.. kemudian usb ane lepas dari stik, seketika lampu indikator stik mati semua n stik gak bisa dipakai.. padahal stik baru pemakaian 2 minggu, karena analog rusak trs ane ganti analognya.. nah mulai dari situ stik ane bermasalah.. cara menyelesaikannya gmna min.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan Aprianus : mungkin agan bisa coba dulu koneksi wireless menggunakan Stick yg lain, kalau dengan stick yg lain wireless tetap ga fungsi agan cek settingan wireless di console ps3 agan, klo di settingan sdh oke tp tetep wifi ga konek kmgknan ada kerusakan pd wifi konektor console ps3 agan. tp klo pakai stick lain console bisa terhubung brti masalah ada pd stick, agan harus gnti wireless connector pada stick agan. kebanyakan temen2 yg mereset stick suka lupa gan kalau stick harus diprogram ulang supaya bisa kembali koneksi dengan console, krn stelah reset seolah2 stick masih dalam keadaan baru. tp mnrut sy untuk mslah agan sprtnya memang ada kerusakan.

      Delete
    2. Ada pin gan? Biar gampang

      Delete
  26. Gan ni stick saya malah lampunya nyala semua dan ga kedip trs gmn ya gan?

    ReplyDelete
  27. Gan ni stick saya malah lampunya nyala semua dan ga kedip trs gmn ya gan?

    ReplyDelete
  28. mau nanya ni, kalo mau menonaktifkan salah satu stick nya gimana ya. ini ada 2 stick td on smua n skrng mau nonaktif/matiin 1 stick. gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di reset aja gan. Pake paperklip yg dilurusin trus teken tmbol reset nya. Nti semua console yg trhbung dgn stick yg direset ga akan konek. & agan hrus setting ulang stick nya ke console yg bner2 agan kehendaki buat konek

      Delete
    2. Di reset aja gan. Pake paperklip yg dilurusin trus teken tmbol reset nya. Nti semua console yg trhbung dgn stick yg direset ga akan konek. & agan hrus setting ulang stick nya ke console yg bner2 agan kehendaki buat konek

      Delete
    3. Stik controlps3 dah di seting g konek juga

      Delete
  29. Malem...punyaku lampu indikatornya nyala terus yg nomer 3 dan 4...sudah saya reset/tobol reset tetep gak mau,,,sdh coba sambil colok usb tetep gak bisa..mohon pebcerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan setelah reset sdh syn ulang dgn console? Klo prosedur reset nya benar rt2 sdh ckup mngtasi mslah lmpu indikator para user yg mslah nya sm agan. Tp klo bnr2 dgn reset masih blm fix sprt nya agan hrus gnti baterai ps3 agan. Cb baca tutorial nya di bagian maintenance website ini. Klo agan ga mau susah maintaim stick nya kmngkinan terakhir beli stick baru.

      Delete
    2. Agan setelah reset sdh syn ulang dgn console? Klo prosedur reset nya benar rt2 sdh ckup mngtasi mslah lmpu indikator para user yg mslah nya sm agan. Tp klo bnr2 dgn reset masih blm fix sprt nya agan hrus gnti baterai ps3 agan. Cb baca tutorial nya di bagian maintenance website ini. Klo agan ga mau susah maintaim stick nya kmngkinan terakhir beli stick baru.

      Delete
  30. min,stik saya pas main suka ketekan sendiri itu solusi nya gimana ya dan yang satu juga analog nya kayak lengket gt,cara benerin nya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg ketekan sndri brp tmbol gan? Klo hanya satu / dua tmbol cb agan buka stick & bersihkan bantalan karet nya. Klo tmbol yg ketekan sndri bnyak ada 2 kmgknan. Yg ke 1 ad rusak di bag analog. Atau 2 input board hrus diganti. Analog nya jg klo lengket dan pergerakan sdh ga enak hrus gnti analog baru tuh gan

      Delete
  31. Min , stik ps 3 gw analognykok kearah atas trus ya , padahal baru , pencerahanny dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stick nya ori bkn gan? Cb direset dan di sync ulang sm console nya.

      Delete
  32. min, kok stik ps3 gw mati kalo ditekan tombol home tetap ngga nyala tolong pencerannya dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu indikator nyala ga gan? Disambung pake usb kabel konek ga? Pernah format settingan di console nya kah?

      Delete
  33. Stick ps3 biasa tiba tiba mati ( tidak connect) saat main game dan connect kembali bila ditindis ps dan ini berlangsung berkali dalam bermain game bisa penyebabnya stick nya mati tiba2 dan solusinya bagaimana.... Terimah kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dipake sambil usb nya dicolokin masih sk mati ga gan? Klo dicolokin lancar2 aja brti ada mslah sm power suply nya gan. Solusi nya antara ganti baterai atau ganti mainboard nya

      Delete
    2. Kalau dipake sambil usb nya dicolokin masih sk mati ga gan? Klo dicolokin lancar2 aja brti ada mslah sm power suply nya gan. Solusi nya antara ganti baterai atau ganti mainboard nya

      Delete
  34. Min kalo maen ps3 pake stik usb/PC itu bisa gak yah. Kasih tau cara settingnya donk. Pleaseeee🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  35. Min kalo maen ps3 pake stik usb/PC itu bisa gak yah. Kasih tau cara settingnya donk. Pleaseeee🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga semua usb stick bs gan. Yg bs cm yg ad tlsan playstation compatible sm di stick ad tmbl logo ps nya

      Delete
    2. Thanks bro, artikelnya sangat membantu!!

      Delete
  36. Gan..ane punya 2 stik six axis dan 2 stik ps move, pas ane coba nyalain ps3..semuanya ngga mau konek. Cuma blinking aja lampunya. Padahal minggu lalu (terakhir dipake main) baik2 aja.
    Sudah coba restart stik nya dan console, ga ada hasil.
    Any advice?

    ReplyDelete
  37. gan punya ane kok di cas gak ada tanda lampu kedip2,mohon bantuanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp batere nya keisi ga gan? klo keisi brti cm lampu indikator nya aja rusak, klo ga keisi antara kabel ato batere nya yg rusak. agan cas nya langsung di console?

      Delete
  38. Muup gan mo nanya,stik PS3 ane ko error ya? Lampu indikator nyala tp spt ga konek, klo ane diamkan lama nnti bs dipake lg,tp stlah bbrp saat akan error lg,uda ane reset stiknya gan,tp tetap sama aja,dan anepun klo main ga pernah wireless,slalu pke koneksi usb.

    Kira kira knp ya gan? Apa memang dr stiknya ato software gan? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brpa lama bisa main nya gan? Klo wireless emg ga bisa jalan? Konektor bluetooth nya gan bermasalah sprtinya. Hrus gnti baru gan slnya klo konektor bluetooth di replace agak ribet.

      Delete
  39. Gan..mau tanya,stik ps3 sy tombol ps nya ga bisa ya.lampu indikator ga nyala sama sekali.kalo pake usb bisa konek ke konsolnya,tapi tombol ps nya tetap ga bisa.kira2 apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tmbol ps nya agan hrus gnti input board nya. Tp cek jg bantalan karet tmbol apa prlu jg dgnti ato ga. Klo mslah koneksi wireless cb direset dlu trus sync ulang stik nya dlam kondisi baterai full charged.

      Delete
  40. Gan saya punya stick ps4, akhir2 ini salah satu stick saya tombol lingkarannya kalau masuk menu yg di dalam game ndk bisa digunakan, tpi kalau menu awal mau masuk game bisa,pilih menu bisa. Sdh saya coba reset sama aja hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok bisa begitu ya gan? klo di menu PS nya bisa seharusnya ga ada masalah, di game nya apa memang tombol O nya untuk pilih menu? kan bisa saja kalo dalam game pilih menu nya pakai X gt gan. klo memang pake O dan ga bisa sy blm bisa jawab gan soalnya stick agan kan ga rusak & saat di menu ga ada masalah. nanti klo udh ada solusi sy reply lagi komen nya ya gan. baru denger sih masalah ky gini hehe

      Delete
  41. Gan ane mau nanya, Stik ps3 ane kok ga konek ya di laptop, bacaannya "USB Device Not Recognize" itu permasalahannya ada dimana? Apakah di stiknya atau apanya? Trims~

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap juragan. pertama siapkan bahan2 berikut didlam sistem windows laptop agan
      1. .NET Framework 4.0 atau yang diatasnya
      2. Visual C++ 2013
      3. jaga2 instal juga driver Xbox 360 PC

      kalo bahan itu udh komplit langsung ke bumbu utama
      install SCP Driver Package
      checklist semua termasuk "Dualshock 3" dan "force driver installation"
      setelah selesai maka stick ps3 agan sudah plug and play kalau terhubung via USB.

      Delete
  42. Mohon tutor cara ganti analog ps3 ori mesin..apa2 saja bhan yg d butuhkan..tankz admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di bagian maintenance gam. Cek di menu web ini gan

      Delete
  43. Mikum...
    saya mo tanya, kalo di PS 3 bisa g untuk analog nya tidak dipake artinya main dengan menggunakan tombol arah, atas jawaban nya makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua game pasti kontrol analog nya kepake gan. Klo agan mau gnti ke tmbol arah agan gnti di option games nya aja. Misalnya need for speed di option cntrol gnti steering analog jd directional. Directional button itu tmbol arah

      Delete
  44. Numpang nanya gan ;
    1) Stick controller 2 sy ketumpahan air kopi,sempat sy bongkar+dikeringkan,berhasil & connect lagi. Tapi pas hari kemudian sy mainkan. Ini stick malah error,harus dicolok dulu kekabel usb baru connect, hari berikutnya pas PS mau dimainkan controller sama sekali tidak connect,alias mati total. Sdh direset tapi tetap tidak ada connection. Bagian mana yg terjadi kerusakannya gan ?
    _____________________________________________
    2) Stick controller 1 sy mati total pas saat main Ps terjadi mati listrik. Tidak ada connection sama sekali,dari Usb,Wrlles & ala reset. Di bagian apa kerusakannya gan ?
    _____________________________________________
    Kedua stick controller juga sdh dicoba kePs3 punya teman,tapi juga tidak ada respon.
    Trims buat tempatnya gan. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  45. Gan stick pny saya kl sementara dicharge gak bisa main? Mohon infonya

    ReplyDelete
  46. gan td mlm saya main ps3slim saya trus saya reset melaui stik saya kok saya teka R2 L2 selek kok tiba2 ps saya ngga mau hidup lg ..malah lampumerah kedap kedip mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
  47. gan stik ps3 kita lampu nya mati, di pakai kabel usb nya buat ngecas nya tpai lampu indikator nya nggk hidup, kemaren2 lau di cas pakai kabel usb nya masih bisa dan lampu nya nyala? mohon gan solusi nya?

    ReplyDelete
  48. Bos ganti konektor bluetooth d ps3 berapa'an ya?'soal'a stik bs konek kalo kurang dr 1 metmdr..makasi

    ReplyDelete
  49. Gan minta bantuannya saya punya Sony Xperia Z1 c6903 OS lolipop setelah saya coba pakai stik PlayStation 3 kenapa tidak terhubung di pengaturan dualshock 3, lampu LED stik ps3 tidak berubah menjadi 1 hanya berkedip 4 saja. Apa penyebabnya ya gan.

    ReplyDelete
  50. Gan.. kenapa ya ps3 slim ane pas di hidupkan lampu pertama hijau lalu kuning dan terakhir merah kedap-kecil kira2 apa masalahnya ya, lalu cara mengatasinya gimana... apakah bisa dilakukan sendiri mengatasinya atau harus ke tempat service, mohon pencerahan nya ya Agan... thanks sebelumnya...

    ReplyDelete
  51. Bro klo misalnya sdang main fungsinya bgus tiba2 langsung ngga berfungsi.nanti colokin pke kabel usb baru berfungsi lagi..trus d lepas main stenga jam lagi kira2 trus khilangan fungsi lagi.itu kendalanya dmn yaa?

    ReplyDelete
  52. bang stick saya kan di pakek buat main game di android gunain sixasis controller nah pas mau di pair ke pc lagi stick nya gk kedeteksi itu knp ya bang?

    ReplyDelete
  53. Gan mau nanya ni kalau stik ps3 saya low bis tu saya cas dips3 tampa dimainin,lalu sy main kurang lebih 3 jam,lalu saya cabut,lalu saya cb,stiknya tidak bisa nyala sama sekali,mohon solusi dan pencerahannya

    ReplyDelete
  54. Gan mau nanya ni kalau stik ps3 saya low bis tu saya cas dips3 tampa dimainin,lalu sy main kurang lebih 3 jam,lalu saya cabut,lalu saya cb,stiknya tidak bisa nyala sama sekali,mohon solusi dan pencerahannya

    ReplyDelete
  55. Mass beroo,kalo stik gak fungsi ,trus cuman nyala kedap kedip lampunye itu gimana betulinya... Liat di youtub ada lngkah lngkhnya tpi bhs inggris😂😂...

    ReplyDelete
  56. Stik gua gak bisa di matiin gan. Walau ps udah mati dia tetap aja kedip" semua lampunya. Solusi nya gmna??

    ReplyDelete
  57. gan sy mau tnya . gmn bs tau stik yg bermasalah atau usb nya? soalny sy sdh tes cas tetap g ad apa".

    ReplyDelete
  58. Cara atasi stik ps3 yg mati sendiri gimana gan..?
    Klo d diamin gak mati tp saat d pake bebrapa menit tiba2 mati lg gt strusnya..
    Minta solusinya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ane juga punya masalah gini nih.. Awalnya baik-baik aj.. Ntar di tengah permainan tiba2 mati ndiri.. Jadi kalau misalnya lagi main PES, akan balik ke layar select side.. setelah itu dinyalakan, langsung mau.. Tapi ya ntar tanpa gejala, dia mati lagi.. Ini kondisi batere full pun tetap muncul masalahnya.. Mohon saran..

      Delete
  59. Gan kalo saat pke usb terhubung stik nya
    Stlh dcbut eh malah gk terhubung lagi

    ReplyDelete
  60. Gan kalo saat pke usb terhubung stik nya
    Stlh dcbut eh malah gk terhubung lagi

    ReplyDelete
  61. Gan..tutor Vidio or poto cara jumper PCB yg terkelupas dg..PS2 PS3 jg...

    Pliss

    ReplyDelete
  62. Bro stik PS saya tidak tapi cuman di bagian R2 saya udah coba bersihin tapi masih belum bisa dan saya rasa kayaknya bantalan karet nya masih bagus soalnya cuman tombol R2 aja yang ga bisa yang Laen lancar jaya apa saya harus ganti input keyboard ya ? Kalau harus kira kira harga berapa ? Dan pemasangan nya bagaimana ? Mohon pencerahannya ya bro

    ReplyDelete
  63. bang. kalo stik lg dicas tapi tetap kita mainin itu bisa cpt rusak ga ya?

    ReplyDelete
  64. Gan mau tanya bs gk kita cas stick ps 3 pkai cas hp....

    ReplyDelete
  65. Bener gan gua oke tusuk gigi trus gua pencet timbol tengahnya udah nyala lagi makasih gan👍👍👍👍👍👍

    ReplyDelete
  66. min stik ps3 gua pas mencet tombol segitiga,kotak,o,x kok kaya ga terpencet gitu harus diteken banget kan biasanya ngga. Giliran tombol yg laen aman2 aja nih. Gmna solusi nya nihh tolong yaaa

    ReplyDelete
  67. Saya baru beli stik ps3 kw grade ori..
    Tp tidak bisa konek..dan lampu indikator..blink terus keempatnya.
    Sudah saya reset spt langkah diatas..dan juga sudah disambungkan pake usb ke mesin ps3..tetap tak bisa konek...
    Mohon solusi..
    Beginilah nasib jika beli yg kw an.hehehe..

    May 31, 2018 10:14 AM

    ReplyDelete
  68. bang saya mau tanya nih, stik ps 3 saya kalo main tombol buat ganti game kepencet terus. itu gmn ya bang caranya? mohon bantuannya, makasih.

    ReplyDelete
  69. Bro mau nnya niy stick ps3 ane R1 dan R2 kdang bisa fungsi di pencet tpi kdang ga bisa bro.. Ini knapa yaa.. Jdi misalkan hri ini maen bisa fungsi R1 sma R2 tpi pas bsok mau maen ga bsa fungsi bro..

    ReplyDelete
  70. Sudah play maen pes 2016
    Pemainnya ga bisa di gerakin, kenapa ya ?
    Sticknya normal
    Mohon pencerahaan nya kang, sudah serch google ga nemu solusi

    ReplyDelete
  71. Mas stick saya lampu nya kedid" nyala semua tapi gk bisa di pakai kenapa itu

    ReplyDelete
  72. @hamdan gan sya kan baru bli stik baru tp stiknya gk mau konek,,gimana cara ngatasinnya ya??

    ReplyDelete
  73. Tambah kesini PS 3 MALAH RIBET, ga gampang kayak.PS 2, STIK sering bermslh dgn warlesnya dll

    ReplyDelete
  74. Tambah kesini PS 3 MALAH RIBET, ga gampang kayak.PS 2, STIK sering bermslh dgn warlesnya dll

    ReplyDelete
  75. Gan saya udah colok ke ps nya pake kabel ,tapi kasih gabisa konek,udh direset juga ,gimana gan?

    ReplyDelete
  76. Mau nanya gan stik ps3 ane gak bisa di main kalo pake kabel usb tapi kalo kabel usb di lepas normal jaya,, itu kira² apanya yang bermasalah...

    ReplyDelete
  77. Mas mau tanya,, ini stik saya tuh mati total, pake USB pun juga ga nyala,, tapi anehnya kaLo udah 4hari an ga dipake kaLo aq nyalain itu nyala gan,, nah nanti mati total lagi.. Setelah lama ga dipake bisa idup lagi,, kenapa ya gan

    ReplyDelete
  78. Ane udh riset kok tetep gak. Bisa ya kalo di sambung ke. Kabel. Bisa

    ReplyDelete
  79. Gan ko stick ps 3 ane lampunya cmn kadap kedip aja pas di nyalahin ,trs langsung mati lagi,-itu kira kira knpa ya gan?

    ReplyDelete
  80. Halo mas mw tanya, kenapa ya stik ps3 sy suka nyala sendiri? Jadi klo pas konsol ps3 lgi kdaan mati n ga dpake tiba2 idup aja krna stik nya itu on sndri. Kira2 gmn solusi nya ya gan?

    ReplyDelete
  81. bang gw sering main game di hp pake stick ps3 gw. nah masalah nya setiap udah selesai main. gw cabut kabel USB OTG nya. tiba tiba ps3 gw menyal.. nah cara nonaktifkan nya gimana. nonaktifkan supaya kalo gw cabut kabel USB OTG dari stick atau dari hp gw. ps3 nya gk menyala. mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  82. Gan,stik saya kok nggak bisa dipencet O nya , yg lain kayak segitiga kotak x bisa semua, cuma O yg nggk bisa, mohon pencerahan suhu 🙏

    ReplyDelete
  83. Gan, pnya sya ps3 ny tuh kl mau di pake stick hrs slalu pke kabel usb. Sya cba pke stick yg lain pun ttp sama hrs pke kabel. Itu solusiny gmn ya biar ga pke kabel

    ReplyDelete
  84. Mas cara benerin lampu led mati gimana yah, stik ps3 sixaxis, dibuat main normal semua mas stiknya tetapi lampu led 1234 mati semua mas. Gimana yah caranya biar bisa hidul lagi lampunya mas.

    ReplyDelete
  85. bang gan, stik saya kalo di pencet logo PS'nya gak mau konek, jadinya gak bisa nyalain konsol dari stik, tp klo dicolok ke usb nnormal biasa, mohon pencerahannya bang gan, soalnya hidupin ama matiin jadi pake tombol di konsol trus

    ReplyDelete
  86. Kok stik ane ga bisa nyala. Di colokin juga cuma kedip2 doang.. Terus mati

    ReplyDelete
  87. Gan stik ps3 gua kok g bisa biat log out game, penyebabnya apa ya gan tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  88. Kang mau nanya kalau stik PS3 nya mencet sendiri gimana ?

    ReplyDelete
  89. Saya ada masalah dengan stik ps3 saya gan, pas di colokin kabelnya langsung nyari koneksi bluetooth(lampu kedip kenceng) setelah beberapa saat gk konek, lampu langsung berubah menjadi indikator ngcas, beberapa detik kemudian langsung mati lagi. Kira-kira kenapa ya gan???
    Mohon solusinya :)

    ReplyDelete
  90. Bang, minta bantuannya yaa... Kan saya main godfather don edition, nah pas tutorial itu ada step yang nyuruh buat nggunain sixaxis. Sudah saya coba coba untuk arahin ke depan kok tetep gak bisa padahal kalau wireless bisa.

    ReplyDelete
  91. Bang kl saya main ps3 kapasitas batre stik jadi blur putih tapi saat saya main game ps2/ps1 kapasitas batre nya keliatan mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  92. Gan mohon bantuannya, saat stick ps3 konek via kabel + otg ke android.. stick terus menerus bergetar

    ReplyDelete
  93. Bang kalo stik ga ada masalah bisa semua tapi pas main fiturnya ga bisa dipake kaya ga bisa ngelock target giamana yak.....ane main gta 5 pas lagi misi nembak ga bisa ngelock musuh udah disetting di pengaturan game tapi tetep ga bisa ngelock giaman yak...soalnya ane pernah bongkar buat ganti topi analog yang udah ancur karetny....mohon bantuannya trimakasih

    ReplyDelete
  94. Gan gimana ya cara mengatasinya , kan saya lgi lgi maen PS3 lagi di cas tiba2 di cabut casan stik nyas lalu loading dari PS3 nya ,terus g konek ,lampu stik nya berkedip kedip tapi kalau di cas masuk .knpa ia gan tolong dong

    ReplyDelete
  95. Gan.. stick ps 3 saya kok bergetar terus saat disambungkan ke hp android ya? Mohon bantuannnya

    ReplyDelete
  96. Mantap min lngsung bner lgi cman tinggal di reset doang hehe
    Makasih min ����

    ReplyDelete
  97. Gan kan saya mau coba pake stck ps di android,nah kok geter trz ya dan lampu nomer 3-4 nyala sana nomer 2 agak redup sedikit,gmn ya?

    ReplyDelete
  98. Gan Tanya dong, masalahnya klo sya lgi maen trus mau Di quit/ganti game, Kan otomatis pencet tombol logo ps, nah setelah Di pencet tombolnya tampilan gambar seperti menu awal cuma ga Ada pilihan quit game (yg Ada cursornya muter2 Kya loading gitu). Trus Kita pencet lgi tombol logo ps nya malah ngehang... Intinya ga bisa shutdown consulnya Dari stik.. mohon solusinya supaya bisa normal kembali

    ReplyDelete
  99. Bro mohon pncerahan. Stik ps3 ane klo di game ada perintah shake/goyang stik ga bisa, dia ga respon. Udah sempet reset stiknya juga teteo aja gtu, maen game jd mandeg ga bisa lanjut. Mohon brgkali ada solusi. Makasiih

    ReplyDelete
  100. Bang stik saya pas tombol startnya ditekan kok tidak berfungsi ya? Tapi tombol yang lainnya bisa

    ReplyDelete
  101. Bro mau nanya solusi stik ps3 ori mesin yg lampunya kedip" Trus mati lgi gimna ya?? Mainboardnya yg kecil

    ReplyDelete

Post a Comment