Masalah Controler Playstation 4 & Cara Mengatasinya


Setelah sebelumnya Hamdan ngasih tau cara mengatasi masalah pada Stick Controler pada PS3 maka kali ini yang dibahas adalah masalah yang dialami Stick Controler pada console sony yang paling update yaitu Playstation 4.
Berikut ini beberapa Tips untuk mengatasi masalah pada Stick Controler PS4 jika ada masalah seperti di bawah ini pada Stick Controler PS4 kita jangan buru-buru ke tukang servis tapi coba dulu cara mengatasi nya di bawah ini
1. Stick Controler Tidak Konek secara Wireless / Lampu Stick Controler Berkedip / Stick Controler tidak merespon.
Masalah tersebut pasti terjadi secara bersamaan, jika Stick Controler tidak terkoneksi pada console otomatis lampu LED pada Stick Controler akan berkedip, dan Stick Controler tidak akan merespon walaupun kita menekan semua tombol. Lakukan cara berikut untuk menanggulanginya :
a. Matikan Playstation 4 nya
b. Temukan lubang kecil tempat tombol Reset di bagian belakang Stick Controler dekat tombol L2 (tombol nya ada di dalam lubang kecil) lihat gambar dibawah.

c. Tekan tombol tersebut memakai benda kecil seperti pentol korek api, tusuk gigi atau semacam nya. Tekan tombol untuk beberapa detik lalu lepaskan.
d. Setelah Stick Controler direset ulang kita lanjutkan memasangkan kembali dengan console seperti pertama kali ketika kita baru membeli PS nya
e. Koneksikan Stick Controler dengan kabel USB ke console lalu tekan tombol “PS” ikuti instruksinya.
2. Stick Controler Tidak Bergetar (Vibration tidak berfungsi)
Pertama pastikan Game atau Software PS4 yang kamu install mensupport Vibration dengan melihat logo “DualShock 4 Compatible” pada Bungkus Game atau Software
Pastikan juga kerusakan bukan pada Stick Controler kamu (misalkan coba di console PS4 punya teman) jika vibration berfungsi saat dicoba dengan console lain maka lakukan langkah ini.
a. Nyalakan PS4 sampai terbuka Home Screen, lalu tekan “Tombol arah atas” untuk masuk ke Function Area
b. Lalu pilih setting, pilih Devices, pilih Controllers
c. Pastikan di settingan tersebut kamu mencentang “Enable Vibration” jika belum maka centang pilihan tersebut. Jika opsi ini tidak dicentang Stick Controler tidak akan bergetar walapun kamu menghidupkan fungsi Vibration dalam settingan game.
Jika masalah masih terjadi sepertinya ada kerusakan pada Stick Controler dan harus servis
3. Tidak Ada Suara Pada Speaker Stick Controler
Seperti yang kita tahu kalo di Stick Controler PS4 ada built in speaker nya, beberapa game mempunyai efek suara khusus yang keluar dari speaker ini. Jika speaker ini tidak bekerja maka lakukan langkah berikut ini
a. Nyalakan PS4 sampai terbuka Home Screen, lalu tekan “Tombol arah atas” untuk masuk ke Function Area
b. Lalu pilih setting, pilih Devices, pilih Controllers
c. Pada opsi Volume Controler tekan tombol arah kanan sampai volume maximum, kamu bisa mendengar efek suara ketika kamu membesarkan volume atau mengecilkan volume nya (saat tombol arah kiri dan kanan ditekan akan ada suara dari speaker stick)
d. Jika masih terjadi masalah maka lakukan Reset Ulang Controler seperti langkah sebelumnya di atas (Di Masalah No 1)
4. Tidak ada suara / Suara Tidak Jelas pada Earphone Yang Dihubungkan ke Stick Controller
Stick Controller PS4 menyediakan Jack untuk Earphone, agar kita bisa mendengarkan suara tidak hanya dari TV melainkan juga bisa melalui Earphone. Jika terjadi masalah suara pada Earphone kamu lakukan langkah berikut
a. Pastikan Jack Earphone kamu berukuran 3,5 mm, karena ukuran yang disediakan oleh Sony adalah ukuran tersebut.
b. Pastikan Jack sudah masuk penuh ke dalam lubang nya, kita bisa mendengar suara “KLIK” jika Earphone sudah terpasang dengan benar
c. Jika kamu ingin memasukan semua audio yang keluar dari PS4 kamu, lakukan langkah berikut : (1) Tekan dan tahan tombol “PS” di Stick Controller (2) Pilih Adjust Device tekan x (3) pilih output to headphones tekan x (4) pilih all audio tekan x (5) pilih Volume Control Headphones lalu tekan arah kanan atau kiri untuk mengatur volume.
5. Kamera Console Kesulitan Mendeteksi Stick Controller
Jika kamera kesulitan mendeteksi Light Bar (Lampu LED) di Stick kamu, coba ubah settingan lampu agar lebih terang. Langkah nya seperti berikut
a. Tekan dan tahan tombol “PS” di Stick
b. Pilih Adjust Device tekan x
c. Pilih Selest Brightness of DualShock4 Light Bar
d. Sesuaikan terang nya lampu dengan keinginan mu

Comments

  1. gan knp ya stik ps 4 saya klo d'cas sambil d'gunain ga berfungsi tp klo u/ ngecas bs..tlg solusi'y ya gan ,,mksh

    ReplyDelete
  2. gan knp ya stik ps 4 saya klo d'cas sambil d'gunain ga berfungsi tp klo u/ ngecas bs..tlg solusi'y ya gan ,,mksh

    ReplyDelete
  3. gan knp ya stik ps 4 saya klo d'cas sambil d'gunain ga berfungsi tp klo u/ ngecas bs..tlg solusi'y ya gan ,,mksh

    ReplyDelete
  4. gan knp ya stik ps 4 saya klo d'cas sambil d'gunain ga berfungsi tp klo u/ ngecas bs..tlg solusi'y ya gan ,,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih bisa gan, cb agan pake usb kabel yg lain dulu mngkn ada trouble di kabel nya.

      Delete
    2. gan knpa ya ps4 saya stik nya ga konek, ke PS????

      Delete
    3. Gan setiap mau main online stik pasti ngehang. trs di reset seperti yg di atas..baik..
      Setelah bbrpa menit balik lagi ngehang..solusinya gan trmksh

      Delete
    4. bang... stik sya kalo main pes ngeluarin trik terus2an... itu rusak apanya ya

      Delete
    5. bang... stik sya kalo main pes ngeluarin trik terus2an... itu rusak apanya ya

      Delete
    6. 2 biji Dualshock 4 ane tekan tombol L2 tombol Up kaya ikut kepencet juga.. original padahal, gak kuat mau beli lagi. Ada solusi? BTW udah coba reset + bongkar (cuma liat aja)

      Delete
  5. Gan, kenapa stik ps saya masih ngga bisa connect sama ps nya ya ? Padahal udah ngikutin cara diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake kabel usb nya bisa dipake ga stick nya gan? Klo pake kabel bs brti mslah ada di wireless cb cek settingan wireless nya. Ato reset ulang stick sprti langkah di atas lalu pair / pasangkan ulang pd console

      Delete
    2. Gan ,saya sudah mengikuti langkah di atasb,tapi stik ps 4 saya tetap tidak mau nyala
      Kalo saya colokin stik nya ke ps pake usb cuman mau ngeceas doang tapi kalo saya tekan tmbol ps nya gk mau hidup stik ps nya

      Delete
    3. Just buy a new one bro and sis.hehe.

      Delete
  6. Gan..stik ane tiba2 ngehang waktu dpake tp ga disconect cm tombol ga bisa d gunakan sama sekali..ada solusinya ga gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cb di reset & pair ulang gan

      Delete
    2. Diteken tmbol reset nya pakr klip kertas ato lidi. Abis diteken di pair pake kabel usb nya sprti agan wktu pertama beli console nya masih baru setting ulang lg deh stik nya.

      Delete
    3. Punya saya juga gitu gan,,
      Udah di restar tetep aj klo lg main ngehang,, semua tombol gk bisa digunakan,,
      Mohon pencerahanya gan

      Delete
    4. Segitiganya g bisa di pencet... Yg lain masih oke.. Padahal belu baru. Knapa ya

      Delete
  7. Gan..stik ane tiba2 ngehang waktu dpake tp ga disconect cm tombol ga bisa d gunakan sama sekali..ada solusinya ga gan??

    ReplyDelete
  8. gan, saya main pes bagaimana conet stick dua nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pair dlu gan sticknya lwat home screen. Jgn pas game nya udh jalan

      Delete
    2. Di pair dlu gan sticknya lwat home screen. Jgn pas game nya udh jalan

      Delete
  9. Gan kalau pake stik ps2 buat main ps4 pake konverter yang gimana ?makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Gan kalau pake stik ps2 buat main ps4 pake konverter yang gimana ?makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm prnah liat ada converter stik dr ps2 gan. Jd ga bs jawab maaf ya :)

      Delete
  11. Gan ini kan stick saya baterainya low, tapi dipake main terus. Waktu baterainya sepenuhnya habis, Lampu Stiknya nggak mau nyala walaupun udah dicharge ke kabel USB nya. Kenapa kayak gitu ya? Minta bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sama kek punya saya, ada yang bisa bantu solusinya?

      Delete
  12. Gan,ane main fifa17 tapi waktu main itu lampu sticknya warna merah gan,tapi tetap fungsi kok sticknya. Yang mau saya tanyain indikator lampu stick warna merah itu tandanya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bro, saya jga kek gitu, tapi saya mainya fifa15 pas mulai main lightbar jadi merah..

      Delete
  13. gan klo stik ps4 mati total,dicas atau dihidupin gak respon lampunya.
    itu kerusakan apanya gan,mhon pencerhannya.

    ReplyDelete
  14. Stik sya msalahnya yang point 1. Udah saya reset tapi tetap ngga mau respon/connect tetap ngga nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak punya gw, solusinya gimana neh ?

      Delete
  15. Gan stik saya waktu di home screen bisa, tp waktu udh masuk game semua tombol ga fungsi kecuali yg simbol ps. Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  16. Gan. Mau tanya. Stik ps4 saya tombol segitiga ga berfungsi. Mohon infonya ya. Kenapa dan bagaimana solusi nya..trims.

    ReplyDelete
  17. Gan stik ps4 saya kok nyala sendiri ya, padahal ps nya mati, mohon info a gan

    ReplyDelete
  18. Bro kok masuk game tiba2 lampu x merah itu knp ya

    ReplyDelete
  19. DS4 nya ga mau connect ke PS, di charge / colok ke PS jg g mau connect
    tp kalo tekan tombol PS / home led kedip"
    mohon solusi

    ReplyDelete
  20. Bang stik saya tiba2 suka disconnect kenapa ya padahal batre nya full. . Sebelumnya ganyala sama sekali tapi setelah ngikutin cara diatas jadi begitu.Mohon pencerahannya bang

    ReplyDelete
  21. Kalo tanda ngecahger ds4nya cuman berkedip warna oranye langsung mati lg,light bar nya ga nyala lagi,itu tanda ngisi Batre atuh ga?

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Min klo tombol x ds 4 new model tiba2 tidak berfungsi, solusi dan cara perbaikinnya gimana yah??

    Makasih min sebelumnya

    ReplyDelete
  24. gan mau tanya,ds4 saya kalo nyalain BT ke hp konek, tapi ke PS4 nya mlah engga,
    pasang ke usb juga cma mncul lght ornge doang, tkn tmbl ps juga ga respon, knpa yah???

    ReplyDelete
  25. Ko stik ps4 mati total kenapa yak?

    ReplyDelete
  26. gan ds4 saya connect, ketika di home screen tombol semua berfungsi, tapi ketika masuk game, tiba tiba tombolnya semua ga berfungsi dan sebaliknya, itu gmna solusinya gan?

    ReplyDelete
  27. Stik ps4 saya lowbet gk bisa di cas gimana gan cara ngatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stik ps4 saya lowbet gk bisa di cas gimana gan cara ngatasinya

      Delete
  28. Gan, kenapa ya stick ps 4 saya ga bisa di apa2in. Pas di colokin pake kabel usb ke ps4 ya cuma kedip kuning sekali doang kedipnya. Trus ga bisa di apa2in. Pencet tombol ps nya jg no respon. Tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  29. Tutorial paling tolol sedunia nih

    ReplyDelete
  30. Gan ini gimana ya cara ngatasinnya jadi stik saya di charge dia nyala tapi mau buat main kok dia gamau nyala ya mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  31. mas ,gimana cara main bola di ps4 ,tpi kontrolnya pake arah ,bukan analog ?
    .bisa ngga ?

    ReplyDelete
  32. mas ps4 saya kalo udah mulai pertandingan mamasukan gol kenapa ngga bisa di star

    ReplyDelete
  33. Bang stik Ps4 saya padahal tidak digunakan, kenapa tiba tiba sering nyala sendiri, bikin emosi bang, minta solusinya? Padahal PS4 nya juga mati, kan bikin terkuras baterainya

    ReplyDelete
  34. Mohon solusi stick ps 4 tombol R1 tertukar jadi R2 begitu sebalikanya , cara settingnya bagaimana ya. Thc

    ReplyDelete
  35. Gan kenapa ya stik saya kalo di home aman" aja tapi di game gabisa dipencet apa" kecuali tombol home

    ReplyDelete
  36. Gan kenapa stik PS4 saya ketika maen PES 2020 selalu ganti orang berkedip2 ketika kehilangan bola sehingga tidak bisa diarahkan pemainnya (di L1 tidak bisa)
    Mohon solusinya🙏

    ReplyDelete
  37. Ps4 sudah dalam mode mati total, tp knp bsa hidup sendri , sperti dlam mode istirahat, dan kontroler nya kadang gk konek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banting Ps Sama Stick nya Pasti Bisa Lagi Kaya Gw

      Delete
  38. gan,kenapa stik ps4 saya di cas kuning sekali abis tuh tidak nyalah lgi. selalu dicolok perta x kuningnya sekali saja. di pencet tombol riset udah . tp pas pencet tombol ps nya tidak ad tanda apa"

    ReplyDelete
  39. Gan, kalo stik nya jatuh kendalanya ap?

    ReplyDelete
  40. Pes sudh mati tp lampu stik ttp menyala.
    Kendalax apa?

    ReplyDelete
  41. Stik saya kalo pake kabel usb lancar2 saja, tapi kalo di cabut kabelnya, stiknya langsung mati

    ReplyDelete

Post a Comment