MENGAPA DISC GAME PS3/PS4 SULIT UNTUK DIBUAT DUPLIKATNYA?

Salam Hangat dari Hamdan, dari sebagian juragan gamers pasti ada yang berpikiran bisa ga sih disc games PS3/PS4 kita buat duplikatnya seperti waktu jaman PS2 dulu, dulu kalau kita punya dvd game PS2 yang rusak kita bisa burning sendiri games tersebut pakai DVD RW yang dipasang di komputer atau laptop sendiri, waktu jaman PS1 malah lebih gampang lagi karena masih pakai CD. Nah ketika console berkembang dimulai dari keluarnya PS3 sampai PS4 sekarang hal ini menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan.

Melakukan duplikat disc games ini bukan lah hal yang mustahil, karena diluaran sana juga sudah banyak Bluray disc game yang bajakan, hasil dari burning sendiri. Tapi banyak rekan-rekan saya yang menanyakan dan menceritakan pengalamannya kesulitan untuk menduplikasi disc ini. (tentu nya yang saya bahas kali ini masalah soal Disc Bluray games, jika agan pikir “ya tinggal copy saja games nya ke HD drive trus pakai Jailbreak Firmware & masalah selesai” itu juga betul, tapi kali ini kita bahas Disc nya dulu ya gan hehe)

Baik langsung kita bahas ke inti masalahnya, Bluray disc yang dipakai untuk PS3 adalah Disc yang menggunakan laser berukuran 405nm (nano meter) untuk dibaca oleh optik PS3, Laser nya berukuran super kecil yang menyebabkan 1 disc games Bluray bisa memuat banyak data hampir 8GB lebih.  Begitu juga optik PS3 yang dirancang khusus untuk membaca Disc berukuran laser sangat kecil tersebut. Sedangkan rata-rata komputer rumah / laptop menggunakan Disc drive yang berukuran 650nm lasernya. Sangat jauh sekali beda nya dengan Bluray. Jadi wajarlah jika kita tidak bisa memburning ulang Disc yang ukuran nya super kecil itu dengan Disc Drive yang berukuran laser lebih besar.
Oh.. sekarang kalau masalah nya di Disc Room nya, berarti kalau kita punya Disc Drive (DVD Room / semacamnya) yang support untuk Bluray dan bisa memburning Bluray kita bisa memburning sendiri games PS3/PS4?? Jawabannya TIDAK SESEDERHANA ITU GAN.

Semua Disc Games PS3 & PS4 menggunakan kode enkripsi unik yang hanya bisa dibaca oleh PS3, semisal sebuah tulisan, ketika sebuah disc games dimasukan ke Drive console PS3 atau PS4 Data akan terbaca “ABCDE”. Lalu ketika kita masukan disc tersebut ke komputer maka akan terbaca “*%;)*” hasil bacaan optik PS3/4 dan Drive Komputer akan berbeda karena enkripsi yang dibuat oleh Sony khusus untuk console nya tersebut, jadi ketika kita burning ulang maka hasil Disc hanya bisa dibaca oleh Komputer dan tidak akan bisa terbaca oleh PS3/4 kita.

Nah terus gimana bisa ada Disc palsu / Bajakan diluaran sana? Tentu para hacker selalu meluangkan waktu jahilnya untuk membongkar enkripsi ini, dan saya yakin sudah ada yang bisa melakukannya namun belum diumbar secara umum, karena ini termasuk pembajakan, dan mungkin banyak yang menggunakannya sebagai sarana usaha sendiri, soalnya untung nya besar. Untuk komputer saja kan sekarang sudah ada emulator nya sampai console PS3, nah itu salah satu hasil karya hacker jenius diluaran sana yang berhasil membongkar enkripsi sony agar games-games console nya bisa dimainkan di gadget lain.


Sekian dulu share kali ini, jangan lupa tinggalkan pertanyaan dan komentar juragan di bawah. Dan dukung terus web saya dengan cara klik salah satu iklan & sponsor di web saya ini. Terima Kasih

Comments