Permasalahan Console Playstation 3 & Cara Mengatasinya


Salam hangat dari Hamdan. Kali ini kita akan bahas beberapa permasalahan yang sering terjadi pada Console PS3 kita dan saya tulis beberapa tips disini untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa masalah bisa kita atasi sendiri tanpa harus melakukan servis atau pembongkaran console. Mari kita bahas permasalahan tersebut
1. BlueRay Disc & Game tidak berfungsi (Kaset CD atau Game yang diinstall tidak berjalan)
Kebanyakan yang mengalami masalah ini dikarenakan antara lain lensa BlueRay dalam sistem kotor / tertutup debu, atau Game yang diinstall di Hardisk PS3 kita Corrupt, dan kemungkinan terburuk lensa BlueRay nya terbakar.
Langkah-langkah Mengatasinya :
Bersihkan console dari debu dengan menggunakan alat pembersih yang lembut. Pastikan bagian ventilasi console (lubang-lubang pada console) yang berpotensi termasuki debu dibersihkan
Untuk memperbaiki data game yang corrupt dalam hardisk PS3 kita bisa kita lakukan dengan cara membuat console PS3 ke dalam Recovery Mode (cara nya ada dibawah). Karena dalam Recovery Mode console berada dalam keadaan paling aman & juga hanya menggunakan sedikit aliran listrik (utuk menghindari kerusakan). Saat Recovery Mode Pilih opsi yang KETIGA. Memilih opsi tersebut tidak akan menghapus data dalam hardisk kita, tapi console akan mengecek keseluruhan data yang disimpan dalam hardisk dan mencoba menemukan data mana yang corrupt, jika sudah ditemukan maka console sebisa mungkin akan memperbaiki data corrupt tersebut. Proses ini akan memakan waktu yang lama, saya saja harus menunggu sekitar 2 jam untuk console saya mengecek ke dalam hardisk nya.
Setelah console menemukan data yang corrupt (misalnya save data nya corrupt) maka console akan mencoba memperbaikinya, tapi tidak semua data corrupt bisa diperbaiki sendiri oleh console, jika data tersebut tidak bisa diperbaiki maka TERPAKSA kita harus menghapus data yang corrupt tersebut.
Jika menghapus data corrupt nya masih belum bisa mengatasi masalah ini maka TERPAKSA LAGI kita harus memilih opsi yang KELIMA saat Recovery Mode. Opsi ini AKAN MENGHAPUS SEMUA DATA DALAM HARDISK. Jadi sebelum memilih opsi ini copy dulu semua data hardisk kamu ke dalam USB.
MEMBUAT PS3 KE DALAM RECOVERY MODE
a. Matikan Console PS3 tapi jangan cabut jack kabel nya (colokan nya tetap beraliran listrik)
b. Tekan dan tahan tombol power, PS3 akan menyala tetap tahan dan jangan lepas tombol power PS3 akan kembali mati
c. Setelah console mati barulah lepas tombol power nya.
d. Tekan dan tahan lagi tombol power & akan terdengar bunyi beep sekali.. tetap tekan sampai terdengar bunyi beep 2 kali lagi.
e. PS3 akan masuk ke dalam Recovery Mode, akan muncul menu di layar. Untukv memilih silahkan koneksikan Stick menggunakan kabel USB (dalam Recovery Mode Stick tidak bisa Wireless)
Jika masalah tidak terselesaikan dengan solusi diatas maka kemungkinan lensa terbakar dan harus diganti.

2.  Console PS3 Terlalu Panas (Overheat)
Ps3 mempunyai sistem pengaman dimana console akan otomatis mati jika terlalu panas dan tidak bisa dihidupkan kembali kecuali setelah 30 menit keadaan console sudah mulai dingin. Untuk menghindari hal ini lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Pastikan console tidak ditaruh di tempat yang tertutup seperti di Rak yang tidak ada ventilasi udara nya.
b. Jika kita bermain di kamar atau ruangan yang tertutup dan kurang ventilasi udara maka sebaiknya kita menggunakan kipas angin yang idarahkan pada console agar membantu mencegah panas merambat ke sistem.
c. Opsi yang resmi dikeluarkan sony adalah dengan menggunakan Cooling Stand, Cooling Stand adalah dudukan PS3 agar console bisa ditaruh secara vertikal (berdiri) dan ada kipas nya juga yang berfungsi mendinginkan, kipas ini menyala dengan bantuan konektor USB yang bisa kita pasang di salah satu lubang USB di console PS3. Terbukti dengan pengalaman saya menggunakan Cooling Stand main 24 jam tanpa berhenti pun PS3 tidak overheat.
3. Kabel HDMI Tidak Berfungsi (Tidak ada Gambar dan Suara di TV)
Pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek kabel HDMI nya, apakah kabel masih dalam keadaan baik? Karena ada kemungkinan kabel terbakar atau berkarat sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya
Jika sudah dipastikan kabel baik-baik saja maka pastikan juga port (colokan) kabel HDMI di console juga dalam keadaan baik
Jika kerusakan pada kabel atau port kabel HDMI maka mau tidak mau harus mengganti dengan yang baru, jika kita baru menggunakan kabel HDMI maka ikuti langkah berikut :
a. cabut semua kabel Audio & Video di TV  selain kabel HDMI (TV hanya terkoneksi dengan kabel HDMI PS3 saja)
b. akan muncul pesan di layar “a HDMI cable has been connected” pilih saja yes
c. jika pesan tersebut tidak muncul maka dilayar menu TV pilih Display Setting, lalu pilih Video Output dan ikuti langkah-langkah nya.
d. jika langkah tersebut tidak bisa dilakukan maka masuklah ke Recovery Mode seperti cara yang disebutkan sebelumnya lalu pilih Restart PS3 maka setelah PS3 hidup kembali. Akan muncul kembali  a HDMI cable has been connected” lalu pilih yes.
Tips & pemecahan masalah yang saya tulis berdasarkan masalah yang saya alami, jika kedepan nya ada lagi masalah lain dan saya bisa temukan solusi nya maka posting ini akan diupdate

Comments

  1. Kalo pake opsi yg kelima itu menghapus game nya juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo game nya di HDD ikut kehapus gan, Save game & patch yg di simpan di HD juga kehapus. kecuali agan main dr Bluray Disc original nya. jd dibackup dulu gan data2 nya

      Delete
    2. iya sama sprti memformat HD di komputer gan

      Delete
    3. Bisa gan, & klo agan backup dulu data nya save game & patch yg sblm nya agan punya bisa dimasukin lagi

      Delete
  2. Gan ps 3 ane tb2 bisa baca blu-ray disc tapi sering juga tb2 gabisaa, terus setelah beberapa saat bisa lagi, apa corrupt yaa?

    ReplyDelete
  3. Gan ps 3 ane tb2 bisa baca blu-ray disc tapi sering juga tb2 gabisaa, terus setelah beberapa saat bisa lagi, apa corrupt yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disc yg dibaca nya beda2 ga gan? Setau sy data dlm disc ga mgkn corrupt klo mslah bkn dr disc nya brti ada di optical drive nya gan

      Delete
    2. Gan mnta bantuan nya brusan s saya corupt nah tba2 ada opsi pilihan yes untul restoring syaa sudah tnggu restoring lamaaa bgdd .Tp jalan tiap 1 percent apa emamg bgitu atau gagal gan ?
      Dan apa bisa normal lg gan nntinya
      Klo saya format
      Lebih baik format apa nunggu restoring thx gan

      Delete
    3. sama bro
      punya ane jg gtu

      Delete
    4. maap mengganggu
      saya mau menanyakan solusi bang, saya reset ps3 saya nah kan disuruh, pasang jack kabel dari ps ke stik nah udah tuhkan bang, nah pas saya pencet logo ps di stick gk ada respon apa"

      Delete
  4. Gan pnya saya kabel HDMI ny masuk ..tapi di tv LED tdk ada tampilan ny,.itu knpa ya gan..???? Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek console dlm keadaan stanby ato sdh on. Cek channel tv apa sdh di channel hdmi / av, bkn di channel tv. Cek kabel hdmi apa sdh terpasang di port yg bnar. Klo smua sdh dicoba tp blm bs trpaksa coba di tv yg lain dlu gan. Klo di tv lain bs brti ad mslah sm port hdmi tv agan.

      Delete
    2. gan ps3 saya tiba" freez pas saya main kan ,terus tiba" pas saya matikan lalu nyalahkan dia ga nampak di layar gan? mohon bantuannya ya gan

      Delete
  5. Misi gan numpang nanya,ps 3 ane kalo masuk xmb sering freze / gambar nya kaya pecah pecah gitu..apa ya masalah nya ??

    ReplyDelete
  6. Gini gan Rian. Yg agan lakukan lewat stick ato menu cmb itu bkn mematikan console gan. Tp membuat console dlm keadaan standby. Krna untuk build ps3 slim tdak ada saklar untuk mematikan console sperti ps3 fat. Satu2 nya cara mematikan console ps3 slim adalah mencabut steker nya. Nah klo pas keadaan standby kipas masih nyala itu mslah normal krn bebetapa system saat standby masih bkerja. Klo kipas nya trus2an nyala memang ktna tmperatur console agan perlu didinginkan. Jd gpp gan

    ReplyDelete
  7. Gini gan Rian. Yg agan lakukan lewat stick ato menu cmb itu bkn mematikan console gan. Tp membuat console dlm keadaan standby. Krna untuk build ps3 slim tdak ada saklar untuk mematikan console sperti ps3 fat. Satu2 nya cara mematikan console ps3 slim adalah mencabut steker nya. Nah klo pas keadaan standby kipas masih nyala itu mslah normal krn bebetapa system saat standby masih bkerja. Klo kipas nya trus2an nyala memang ktna tmperatur console agan perlu didinginkan. Jd gpp gan

    ReplyDelete
  8. Mantap bro sukses 100%..ane juga baru tau lubang kecil di dekat L2 buat ngereset stick btw makasih bro stick ane jadi bener lagi

    ReplyDelete
  9. Mantap bro sukses 100%..ane juga baru tau lubang kecil di dekat L2 buat ngereset stick btw makasih bro stick ane jadi bener lagi

    ReplyDelete
  10. Gan, ane kan main NBA 2K16 My Career. Tapi kenapa pas ane main macet nya disitu terus, padahal sebelumnya gk prnhacet gan. Tolong bantuannya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu save gamenya corrupt gan, satu2 nya cara agan harus hapus save game nya trus main ulang dari awal. jadi balik lagi deh.. mknya hati2 ya gan kalo ps3 kita sedang save ato loading agan jangan matiin ps3 nya. ato bisa jg saat save ato game berjalan tiba2 mati lampu nah save data nya juga bisa corrupt. cm dihapus gan satu2 nya cara. main ulang lagi.

      Delete
  11. gan maap ganggu cara buka wt brsihin console yg kotor gmn & pas msukin kaset g bs2 knpa ya mksi

    ReplyDelete
  12. gan maap ganggu cara buka wt brsihin console yg kotor gmn & pas msukin kaset g bs2 knpa ya mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersihin nya pake mini vacum aja gan ky bersihin laptop. Tp klo mau dibongkar di web ini ada tutorial nya di bagan maintenance. Untk disc yg ga kebaca agan pastikan dlu itu yg ga bs cm beberapa disc ato semua disc ga bs? Klo cm bbrpa yg ga bs brti itu disc nya yg rusak. Klo semua disc ga bs brti ada kerusakan di optical drive nya & harus di replace. Atau jailbreak aja spy main lewat Hardisk

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. Bang ps saya kalo dimainkan disiang hari kog mati ya bg lampu led nya kedip2 hijau merah, kalo dimalam hari gak pernah mati ps nya...solusi nya apa ya bg ? Yg harus saya ganti apa ya bg ? Dan kalo saya bawa ketukang service saya harus bilang apa ya bg ? Dan kira2 biaya nya besar gak memperbaiki nya bg ? Tq bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Overheat gan. Kepanasan. Klo siang mainnya udh cb pake pendingin? Pake kipas ato fan cooler dsb. Ato pasang ac. Klo mlm kan tmprtur cndrung dingin jd jrang overheat.itu sbnrnya ha hrus diperbaiki ko. Tp klo mau diperbaiki blng aja sering overheat.

      Delete
  14. agan ps3 slim sy ofw barusan habis beli kaset pes2017 pas pertama cobain gamenya boleh, tapi pas mau main lagi tiba2 hang di loading gan. trus sy sdah hapus save data pertamanya dah bisa lagi, tapi pas mau udte liveupdte untuk pemain tiba2 hang lagi di loading. ada saran gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hang nya udh kelar donlot blm gan? Klo hang trus pas loading & klo save game nya diapus trus normal lagi brti fail trus pas save jd data nya corrupt trus. Saran sy cb cek di web konami nya apa ada patch yg bs donlot lewat pc. Klo bs lwt pc dlu bru di install di ps3 nya

      Delete
  15. Gans kalo ps saya dinyalakan pad meu ke game kembali denggan sendirinya ke menu kena ya gans.

    ReplyDelete
  16. Gans kalo ps saya dinyalakan pad meu ke game kembali denggan sendirinya ke menu kena ya gans.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake stik yang lain trouble jg ga gan? klo ga brti cm stick agan yg eror, ganti aja input board nya gan

      Delete
    2. Gimana cara ngebalikin game Ps3 ya gan tiba2 game saya jadi tinggal 2 saat main payday trus keluar Io eror
      Knp yah ada sulosi nya gak gan?

      Delete
  17. Gan kalo kita restore file system ps3nya naik versi gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga gan. restore cm balikin system ke pengaturan awal

      Delete
  18. Gan kenapa lampu blueray disk ps 3 saya gak nyala padahal sudah ada kasetnya di dalamnya.. itu rusak apanya ya gan..? Trus klo saya ketukang service bilang apa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus bluray nya kebaca ga? klo ga cb pake dvd gan. klo pake dvd ga kebaca juga brti trouble optical bluray nya. bilang aja optical bluray nya ada masalah.

      Delete
  19. Cara mengatasi playstation network down gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mslag server kynya. Inet ny pake apa gan? Klo trouble trus via pc dlu aja.

      Delete
  20. Salam kenal gan. Saya mau nanya kenapa ya ps 3 slim saya pas saya tekan tombol power bunyi beep 2 kali terus lgsung mati.

    ReplyDelete
  21. Gan ane minta tolong bantu solusinya, system storage ane corrupt.. ane udah coba buat restore file system (safe mode) setelah selesai 2jam sudah me-restart otomatis, muncul tulisan 'corrupt' lagi begitupun seterusnya.. ane udah coba rebuild data base dan restore ps3 system alhasil masih sama, freezing (random scane) di game.. kenapa ya gan ? Mohon balasannya, terima kasih

    ReplyDelete
  22. Gan kalau ps 3 mati trs di hidupin gak mati lagi gimana itu

    ReplyDelete
  23. Bro, minta tutorial cara perbaiki bluetooth module ps3 dong.. Soalnya g mw connect dgn wireless stick controller sm g bs connet wifi.. Tlg dikirim via email ke fs.gagah@gmail.com sm ke iswandy.dj86@gmail.com dong..
    Sukses selalu, thanks be4.. :)

    ReplyDelete
  24. Gan PS3 fat sya klau mau d hidupkan lmpux hijau kuning trs merah kdip* msin gk nyala sktar 1 jam.an sya cba lgi akhirx bisa hidup normal itu krna apa ya mas ?

    ReplyDelete
  25. Bang saya kemarin main game nba baik baik aja terus besoknya saya main game tsb, kok langsung macet, lalu saya lihat di data utility dan game tsb datanya cuma 22 kb, padahal kemarin banyak

    ReplyDelete
  26. Gan ps3 ana lama x restotoringny... Asal di hidupkan sll minta di restore.. Mohon solusinya.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama punya ane juga ?pas nyoba safe mode ?tulisannya preparing .. please wait ..
      tapi lama banget gan ga loading" ,
      mohon bantuannya gan

      Delete
  27. PS 3 saya selalu file corrupt terus padahal saya sudah melakukan build data dan restore data.. Tapi tetap selalu file corrupt,, ada opsi lain gak gan ? apa saya harus reset semua terus saya isi ulang game nya lagi .. ?

    ReplyDelete
  28. misi gan mau tanya, apakah kalau ps3 tidak pernah dimainin akan rusak? terima kasih.

    ReplyDelete
  29. Gan mau nanya ni,soal na program na hilang di ps3 sy,trus sy ikutin langkah petunjuk yg gan kasi tau di situ disuruh colok usb na sdh sy colok tetapi di stick sy lampu kelip2 klo hrs menuggu bias brapa lama, gitu gan jd tk bs di tekan program na gan.. Tolong di bntu solusi na gab trim, s

    ReplyDelete
  30. Gan mau tanya kalau ps3 dipake di tv 43" jalan bagus tapi kalau si dipake gamenya yg lari kencang kaya sepak bola, sigambar game nya ngebayang tapi pas lompat aja.. Apa yg harus disetting ya? Mohon pencerahnnya

    Note. Waktu pertama datang normal gak kaya gitu setelah 2 minggu baru kaya gt

    ReplyDelete
  31. bang mau tanya , saya main ps3 dari jam 12 malam sampe jam 5 kurang subuh , main gta v tiba tiba mati kenapa ya bang ? terlalu lama main ? atau apa ya ?

    ReplyDelete
  32. ada yg tau kenapa ps3 fat saya jadi bahasa jepang setelah ke reset file nya
    ???

    ReplyDelete
  33. Mau nanya,,ps3 sy gk mau conect ke tv,,apa krn kebentur saat pengiriman??

    ReplyDelete
  34. gan kok setiap saya ingin save file game ps3 selalu error ya ga ke save tolong balas

    ReplyDelete
  35. Gan ps3 ane klo mau maen slalu ada error code 80010510 itu knapa yah?

    ReplyDelete
  36. Bang saat main game kok tampilan menu awal tiba" muncul ya bang..

    ReplyDelete
  37. Boss, saya kan milih opsi KETIGA bos , terus boss bilang punya bos nunggu nya sampai 2 jam, ini punya saya udah 2 jam lebih bos tapi masih please wait mulu, jadi bagaimana boss?? Tolong saran nya bos

    ReplyDelete
  38. Gan ps 3 saya suoa mati sendiri saya cek di google ada sua hal penyebabnya yaitu kepanasan sama corrupt firmware pas saya cek console ps saya tidak panas ada kemungkinan karna corrupt firmware gimana cara mengatasinya??

    ReplyDelete
  39. Gan ps 3 saya suoa mati sendiri saya cek di google ada sua hal penyebabnya yaitu kepanasan sama corrupt firmware pas saya cek console ps saya tidak panas ada kemungkinan karna corrupt firmware gimana cara mengatasinya??

    ReplyDelete
  40. Yang punya saya kendala nya itu dari awal dia gk kuat naik dan gk bisa nyala lampu ijonya terus lama" kelamaan dia hidup tapi gk kuat lama paling cuma 30 menit mohon respon nya parah suhu🙏

    ReplyDelete
  41. bang ps 3 saya kenapa ya suka slowmo ngelambat gitu di game pes tetapi di game lain itu gaada masalah, kira kira kenapaa yaa

    ReplyDelete

Post a Comment