Tips Membeli Playstation 3 (PS3) Bekas Pakai / Second Hand



Salam hangat dari Hamdan, Buat juragan semua yang berniat mau membeli PS3 tapi sebelumnya belum pernah mempunyai console PS3 dan console yang agan beli itu adalah barang bekas pakai / second hand, pastinya ingin tahu hal-hal apa saja yang harus agan perhatikan dalam memilih barang supaya walaupun beli second hand tapi agan tetap dapat PS3 yang berkualitas.
Dibawah ini Hamdan tulis beberapa tips yang bisa agan semua coba sebelum membeli PS3 second hand supaya agan bisa berhati-hati dalam memilih.
1. HINDARI PEMBELIAN ONLINE DENGAN PAKET ANTAR
Pembelian online dengan paket antar sangat beresiko, apalagi kalau soal barang second. Yang bisa agan lihat jika belanja online kan hanya gambarnya saja. Kecuali agan beli online tapi ketemu langsung dulu dengan penjual dan memeriksa langsung barang nya. Intinya agan harus bisa melihat barang secara langsung (juga coba mainkan dulu) dan bisa kontak langsung dengan pemilik sebelumnya karena ada beberapa hal penting yang harus agan tanyakan dan harus diketahui langsung dari pemilik sebelumnya.
2. JENIS FAT / SLIM & UKURAN HDD
Playstation 3 jenis Slim dan Fat memiliki beberapa perbedaan, bisa agan baca DISINI. Perhatikan juga ukuran HDD yang digunakan di console, jika penjual mematok harga terlalu mahal untuk ukuran hardisk yang kecil agan bisa tawar atau cari penjual yang lain.
3. PERIKSA KELENGKAPAN PAKET
Apakah PS3 yang agan beli full 1 paket lengkap? Yang terpenting adalah console, power kabel, sama kabel HDMI nya. Kalau controller sih jarang ada yang jual second tapi masih utuh, kalo controller sixaxis nya masih ada 2 berarti agan beruntung. Periksa juga kelengkapan kecil seperti kabel USB untuk Controller. Atau apakah ada aksesoris lain yang pemilik sebelumnya pasang di PS3 itu (misalnya cooling stand)
4.   PERIKSA KONDISI LUAR SEMUA UNIT / BAGIAN PAKET
Periksalah kondisi bagian luar yang bisa agan lihat langsung, misalnya apakah console masih mulus, kabel masih lentur, bagian metal pada kabel HDMI apakah sudah berkarat / ada bekas hangus, dan hal-hal lain yang bisa tampak dari luar.
5. FIRMWARE YANG TERPASANG PADA PS3
Tanyakan pada penjual apakah dia sudah melakukan upgrade pada firmware PS3 nya? Atau firmware nya masih bawaan pabrik. Jika firmware masih bawaan pabrik agan lihat di kardus nya firmware yang terpasang adalah versi berapa. Lalu agan cek juga di playstation network (klik menu Game di web ini ada akses ke PSN) firmware yang saat ini paling update di PSN versi berapa. Artinya jika firmware pabrik yang terpasang di PS3 agan jauh ketinggalan dengan yang di PSN berarti bisa saja agan harus melakukan upgrade firmware. Agan butuh koneksi internet yang kuat dan memakan waktu cukup lama karena upgrade firmware membutuhkan ukuran data yang lumayan besar. Kalau pemilik sebelumnya sudah melakukan upgrade berarti agan beruntung :)
6. FIRMWARE ASLI ATAU JAILBREAK
Apa itu firmware jailbreak? Jailbreak adalah firmware modifikasi yang dibuat untuk PS3 yang tujuan nya adalah supaya agan bisa memainkan game bajakan (tidak dari blueray asli) atau game yang agan copy sendiri dari hardisk PS3 orang lain. Jika firmware nya masih asli maka game yang bisa agan mainkan & install hanya bisa dari blueray aslinya. Kebanyakan orang indonesia (termasuk saya :D ) lebih memilih jailbreak supaya bisa main game sesuka hati tanpa harus memikirkan kocek besar untuk beli game asli gan. Tapi jika ini baru pertama kalinya agan membeli & memainkan PS3 saya sarankan agan cari yang firmware nya masih asli dulu. Karena jika sudah jailbreak ada beberapa fitur yang dimatikan dalam game. Salah satunya agan ngga bisa main online. Jadi beli saja dulu yang firmware asli nanti kalau sudah merasa puas dengan yang asli, bisa coba jailbreak. Agan bisa baca di sini >> Cara JailBreak PS3
7.  APAKAH SISTEM PERNAH OVERHEAT
Hal ini penting untuk ditanyakan pada pemilik sebelumnya, apakah console pernah mati mendadak dan indikator lampu berwarna merah. Jika iya maka console tersebut pernah mengalami “Overheat”. Yang dimaksud overheat itu adalah sistem menjadi terlalu panas gan. Dan PS3 punya sistem untuk mematikan dirinya sendiri ketika sistem terlalu panas. Alasan kenapa harus menanyakan ini adalah console PS3 yang pernah “Sekali” mengalami overheat maka akan berpotensi sistemnya akan cepat panas & bisa overheat lagi. Jika belum pernah maka agan beruntung. Tapi kalau pernah maka agan harus siap-siap menyediakan ruang atau aksesoris seperti cooling stand agar console agan ngga cepat panas ketika dimainkan. Ya mentok-mentok pake kipas angin gan :D
8. BEBERAPA PERTANYAAN KONYOL
Ada beberapa pertanyaan yang konyol tapi ini penting untuk ditanyakan gan, pertanyaan nya itu (1) apakah pemilik sebelumnya sering merokok ketika memainkan PS3 nya? (2) Apakah pemilik sebelumnya memiliki hewan peliharaan yang bisa mendekati console? (3) Apakah pemilik sebelumnya sering meletakan console secara berdiri (vertikal) atau tertidur (horizontal)? Untuk pertanyaan no 1 alasannya adalah nikotin pada asap rokok yang masuk ke sistem ventilasi / lubang pada console PS3 bisa menimbulkan bekas pada sistem yang jika lama kelamaan menumpuk akan merusak sistem PS3 nya gan. Pengalaman teman saya yang perokok sistem PS3 nya mati dan saat dibuka sudah ada noda coklat bekas asap rokok nya gan. Untuk pertanyaan no 2 ini juga pengalaman pribadi teman Hamdan gan yang beli PS3 second dengan kondisi luaran bagus tapi selang seminggu sistem mati dan harus dibongkar dan ternyata penyababnya adalah ada bulu-bulu kucing yang masuk ke sistem. Silahkan agan cari tahu di google pasti agan tahu kalau bulu hewan peliharaan adalah pembunuh no 1 console PS3. Pertanyaan yang ke 3 merujuk pada fakta kalau PS3 yang diletakan berdiri (vertikal) performa nya tidak akan cepat menurun dibandingkan jika diletakan secara horizontal (tertidur). Jadi agan bisa tahu dulu sebelum dibeli apakah console diperlakukan dengan baik atau tidak. Semua pertanyaan konyol ini tidak ada salahnya ditanyakan gan. Karena yang salah itu tukang bajigur, Air keruh kok dijual :D
 Selain dari tips yang hamdan tulis tadi tentu alangkah baiknya jika sebelum membeli agan mencoba dulu menyalakan dan memainkan game PS3 nya. Apakah masih berjalan mulus atau tidak. Jika terjadi Lag atau Hang sedikit itu ngga apa-apa masih bisa agan perbaiki dengan membersihkan file-sistem di dalam nya. Baca di > Permasalahan Console PS3 dan Cara Mengatasinya.

Begitulah tips dari Hamdan semoga bermanfaat, jika ada masukan dan pertanyaan silahkan komentar dibawah :)

Comments

  1. Makasih gan berhubung ane mau cari ps3 new

    ReplyDelete
  2. Makasih gan berhubung ane mau cari ps3 new

    ReplyDelete
  3. Gan ane mau nanya.
    Jadi gini, temen ane nawarin ps3 slim 160gb nya ke ane (dia bilang sih alasannya mau upgrade ke ps4), dia ngasih harga 2,1jt dan dia beli pas tahun 2010 (berarti sekarang udah 5 tahun dong ya), dengan catatan: firmware selalu upgrade, ga pernah jailbreak (selalu main game original), dan belum pernah di servis sama sekali. Yg ane mau tanyain, menurut agan harga segitu kemahalan ga ya? Soalnya yg ane khawatirin, tu ps3 udah jalan 5 tahunan, takutnya umurnya udah ga panjang lagi (takut ga sebanding dengan harganya). Mohon pencerahannya ya gan(sorry kalo kepanjangan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untk skrg PS3 Slim 160GB kondisi baru pun ada ko gan yang jual 2,5 Juta. kalo agan nyari nya ke tmpt grosir elektro kaya mangga dua jakarta. jadi kalo menurut pribadi saya sih segitu masih bisa ditawar lagi. mendingan agan tambah 400ribuan lagi kan buat beli yang baru. kalo tetep mau yang itu tawar lagi aja kisaran 1,8 jutaan lah paling mahal. soalnya udh 5 taunan itu loh ga bisa jamin walopun user nya dulu orang nya apik. makasih kunjungannya.

      Delete
    2. Berarti kta kalo beli second tanya brp lama pembeliannya ya mas.kalo ps3 slim 120gb cfw kisaran berpa ya masihan ni nawarinny 2.6 mas

      Delete
    3. Iya betul gan, performa optik akan menurun seiring waktu pemakaian. jd udh brpa lama wkt pembelian ps3 second nya jg penting ditanyain gan. yang cfw memang kisaran 2.6 gan harganya

      Delete
  4. Terima kasih bro hamdan for the info..Salam dari Malaysia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, makasih kunjungan nya. Salam hangat untuk Malaysia

      Delete
  5. Oia gan di toko masih ada kan jual barang yang ori gan... Apa ada yang refubish juga..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang Ori banyak gan, yg refubish jg ada. klo pnjual nya baik pasti ksh tau yg mn refubish ato msh Ori. yg jelas Ori garansi nya masih berlaku gan :)

      Delete
  6. pasaran brp ya gan ps3 yg jailbreak baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yg slim kisaran 2jt smpe 2,5 jt gan tergantung hardisk & kelengkapan paket. yang fat kisaran 2,5jt smpe 3,5 jt

      Delete
  7. Will there ever be a jailbreak for PS4?
    PS4 Jailbreak

    ReplyDelete
  8. Bang mau tny bedany ps3 slim yg tipe cfw dan ofw tu ap y bang?mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. CFW atau custom firmware itu firmware nya udah dimodifikasi gan, supaya bisa memainkan games dari file hasil copy dr hardisk (game bajakan), klo yg OFW atau original firmware itu asli bawaan pabrik yg mengharuskan kita memainkan games original juga. fungsi CFW selain memainkan games non-ORI ada jg sbg bahan memasukan cheats, atau mengedit patch yg terdapat pd games

      Delete
  9. Bro, kalo PS3 slim yg 250gb emang ada ya? Di ka**kus ane nemu 1,8
    Menurut agan worth it ga? Atau ada yg perlu dikonsultasikan lagi ke sellernya?

    ReplyDelete
  10. Bro, kalo PS3 slim yg 250gb emang ada ya? Di ka**kus ane nemu 1,8
    Menurut agan worth it ga? Atau ada yg perlu dikonsultasikan lagi ke sellernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan. PS3 CECH-20**B & CECH-21**B keluaran 2009 (Slim) sama CECH-40xxB keluaran 2012 (Super Slim) ukuran HD nya 250 GB. worth it gan.. segitu udah terbilang murah bgt

      Delete
  11. Kang ps3 bekas yg penting lancar ... (Gta5) Kisaran brapa ya .. 1 pkt .. Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1,5 JT sampe 2 JT gan, tergantung kelengkapan & kondisi barang nya.

      Delete
  12. Gan saranya mending yg fat apa yg slim ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca perbedaan nya di web sy ini gan. untuk kelengkapan full vitur silakan agan pilih yang Fat. klo pingin yg simpel, lancar, ringan, gampang dibawa2 & gampang dibongkar pasang pilih yg slim atau superslim gan

      Delete
  13. permisi gan
    kalau ps3 saya fat 160gb,lebih baik berarti diletakan dengan cara vertikal ya gan??
    ow iya,kalau ps3 saya jarang sy gunakan juga selama sebulan penuh,apa malah jd awet/bisa rusak ya gan komponen2 nya didalam?soalnya ps3 sy ini msh rehat gan belum pernah sy nyalakan lagi buat main
    terimakasih gan sebelumnya hehe =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya vertikal gan, klo agan kira2 ga bakal pake untuk waktu yg lama sbaiknya nyimpen nya baik2, selama terhindar dr debu wlpun dsimpan lama console ga akan knp2 gan. tp tentunya kalo sering dimainkan malah lebih bagus gan :)

      Delete
  14. Bang ane mau tanya,bagus ps3 cwf atau ofw sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy pribadi pilih cfw gan. Tp klo budget agan kuat sih terus pake ofw aja. Yg ori kan lebih afdol. Cm nguras budget bgt

      Delete
  15. Maaf gan mau tanya,kalo menurut agan mending second ato refurbish :D budged cupet soal nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo saya msih mending beli second dari orang lain gan yg dulunya beli pabrikan, slnya wlpun second kan barang nya hasil pabrikan sony, kalo refubish rakitan luar pabrikan sy kurang percaya tuh gan klo bukan sony yang bikin. soalnya refubish juga sparepart nya kadang ngambil dari barang second juga. jd kalo pribadi saya yg second aja asal beli nya pilih dari user yg make nya apik pasti bagus & awet

      Delete
  16. Kalo rekomendasi agan pilih yg fat,slim,ato super slim gan.budged 2juta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang slim aja gan. Klo fat skrg udh jrang yg bgus & firmware nya udh ktingglan. Tp klo dpt yg superslim lebih bgus gan. Slnya kluaran paling bru cm rsnya jarang yg jual superslim dikisaran 2jt

      Delete
  17. Bro hamdan.. Ps3 hitam slim 500 gb bekas, harga 3 juta.. Apa itu cukup sesuai yaa.. Saya ditawari harga sgtu ma teman

    ReplyDelete
  18. Bro,ane rencana beli ps3 cfw yg baru apa nnti hrs update firmware jg?trus klo konek internet / psn apa bisa? kan udh g ori istilahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo diupdate lewat xmb nti balik lg jd ori gan firmware nya. Klo ke psn bs gan. Cm ya itu klo update lgsng firmware jd ori & harus jailbreak lg

      Delete
  19. Bang hamdan sy mau tanya nh kira2 klaw sy buka rental ps3.baik y pake ps3 yg fat atau yg slim.mohon pnjlasan y..thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ps slim aja gan. Yg cfw wlpn agak gd modal nya tp resiko lebih minim drpd yg fat skrg produk psran fat udh jlek2

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Brp budget ps3 super slim OFW mau sy bikin jd CFW ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ps3 super slim +- 2,5juta
      Flashdisk u/ jailbreak 65ribu
      Kuota buat download cfw tergantung agan.
      Hardisk drive eksternal 500gb +- 800ribu.
      Segitu gan. Klo jailbreak sndri. Klo mnta jailbreak ke outlet game ga ush beli flashdisk sm kuota. Byar ke outlet nya sesuai jasa yg dia twarin

      Delete
  22. Gan, mau tanya dong toko yang paling agan percaya di jakarta apa ya namanya? Kalau ps3 slim baru kisaran 2,5 juta mah mending beli baru, tapi jailbreakinnya nombok lagi dong nanti. Galau bgt beli baru apa second. Dan gatau mesti ke toko yang mana. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sy sebut inisial toko nya aja ya gan, 1 "CSG" 2. "PSE" dua2 nya ada di mangga dua. klo sy sebut nama toko nya sy ga dpt royalti buat pomotin itu toko hehe.. beli baru atuh gan, ga bkal nyesel. ya klo mau baru udh dijailbreak jg kan ada. jailbreak itu ga harus bongkar console loh.. jd console sih tetap aman (BARU) tapi firmware nya aja yg udh diganti

      Delete
  23. Maaf Lur mau tumaros, sy beli PS3 Fat 1 jt Game nya cuma ada 3, kemahalan gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejuta mah murah gan. biarin game cm ada 3 jg gampang install lagi

      Delete
  24. Bang,saya permisi tanya
    Mohon pencerahan karena baru pertama kali beli,
    Saya ketemu penjual
    Yang jual ps3
    PS3 slim CECH 2012
    HDD 500Gb
    Harganya 1,5jt
    Apa harganya worth it aja kah Bang?

    Dan saya dengar untuk tipe cech 2012 ini uda mulai rawan overheat/ylood yah Gan?

    Terima kasih banyak Bang.

    ReplyDelete
  25. Hahaha admin/bloggernya orang cipendeuy euy deket sm cibatu/cikopo purwakarta. haha mantap lanjutkan.

    ReplyDelete
  26. Mau nanya,klo beli ps 3 yg baru buat rentalan bagus nya yg mana, budget 2,5jt.. nuhun

    ReplyDelete
  27. Mantap.
    yang salah itu tukang bajigur..udah tau airnya keruh tetap aja dijual hahahaa..

    ReplyDelete
  28. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK
    - Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL dan OVO


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ

    #sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #salamhoki88QQ #windaftar

    ReplyDelete

Post a Comment