PERBANDINGAN PES 2016 (KONAMI) DAN FIFA ’16 (EA SPORT)


Salam hangat dari Hamdan. Juragan gamer sekalian pasti tidak asing dengan dua game simulasi sepak bola paling terkenal di dunia, apalagi kalau bukan PES dan FIFA. Dua game ini selalu bersaing memberikan yang terbaik bagi kita para gamer di berbagai platform, baik itu playstation atau Xbox . nah untuk postingan kali ini Hamdan akan share perbandingan dua game tersebut.
Sebelumnya, saya menulis ini bukan untuk menjelekan salah satu game tersebut. Karena Hamdan sendiri mulai dari jaman PS2 sampai sekarang mengoleksi dan memainkan kedua game tersebut. Postingan ini hanya untuk menjawab rasa penasaran juragan gamer semua yang ingin tahu perbedaan apa yang dimiliki kedua game tersebut. Tentu saja kelebihan dan kekurangan masing-masing game tersebut.
FITUR PES 2016 (PRO EVOLUTION SOCCER) – KONAMI

  1. Sistem pertarungan 1 on 1 yang ditingkatkan dari versi sebelumnya, banyak gerakan saat juragan dan pemain lawan berebut bola, menggocek atau tackling yang sebelumnya belum pernah ada. Gerakan tarung perebutan bola dalam game ini terlihat begitu nyata, dan tidak monoton. Banyak gerakan seberti menjegal, saling dorong, menarik jersey dan lain-lain yang juragan belum pernah lihat  dalam versi PES sebelumnya.
  2. PES 2016 juga meningkatkan sistem bertarung saat perebutan bola di udara, juragan akan mendapatkan kontrol lebih nyata saat berduel di udara dalam kondisi 50/50 dengan lawan dibandingkan versi sebelumnya.
  3. Respon control juga lebihditingkatkan, ketika agan menekan tombol untuk membalikan drible bola misalnya, maka seketika itu juga pemain akan berbalik. Intinya timing untuk kontrol pemain dalam PES 2016 lebih cepat dan responsif.
  4. Setiap pemain memiliki artificial intelegent. Yang artinya skill individu setiap pemain sangat berbeda,  saat bermain juragan diserang, kontrol kiper yang diserang akan berbeda setiap individu, semisal jika kiper club madrid diserang ia akan maju untuk menghadang penyerang, sedangkan jika kiper milan diserang ia akan menginstruksikan pemain belakang di dekatnya untuk memblok pergerakan penyerang dan tetap berdiri di depan gawang nya. Dalam kondisi & situasi yang sama Reaksi pemain akan berbeda tergantung dengan artificial intelegent yang dimilikinya
  5. Sebagaimana dalam FIFA, PES 2016 memberikan kita kontrol saat selebrasi gol. Seperti Totti akan Selfie menggunakan Iphone saat mencetak gol dan masih banyak selebrasi yang lain.
  6. Cuaca yang berubah lebih nyata, suasana sekitar sebelum hujan dan setelah hujan akan terlihat berbeda dan nyata. Dan cuaca bisa berubah saat permainan berlangsung.
  7. Fisik Bola yang luar biasa, yang bisa dibanggakan PES daripada FIFA adalah fisik bola PES sangat nyata.
  8. Pengguna PS4 dan PS3 yang sering mendownload patch atau editan lain dari PES community akan diberikan kemudahan untuk menginstall semua fitur tersebut.

FITUR FIFA ’16 (FIFA 2016) – EA SPORT

  1. Di FIFA ’16 ada “Woman Footbal” gan. Jadi juragan bisa bermain sepakbola wanita. Ada 12 tim sepak bola wanita di FIFA ’16 yang bisa agan mainkan. Tapi pertandingan antara tim sepak bola pria dan tim sepak bola wanita tidak bisa dilakukan.
  2. Secara mekanis benyak perkembangan dalam pertarungan perebutan bola, sama halnya seperti PES
  3. Ada fitur No Touch Dribling yang memungkinkan juragan untuk mengecoh pemain lawan saat mendribel bola.
  4. Juragan bisa memilih bagaimana eksekusi bola akan dilakukan,  semisal saat agan akan shooting agan bisa memilih bagaimana shooting bola akan dieksekusi. Misalkan tembakan dengan kaki bagian luar, atau dengan kaki bagian samping, mencungkil bola, atau menendang bola sekuat tenaga. Semua nya ada dalam kontrol juragan.

KELEMAHAN – KELEMAHAN
  1. Grafik penonton dalam PES kalah nyata dibanding FIFA. Penonton di pinggir lapangan dalam game FIFA memiliki grafik yang lebih baik.
  2. Grafik pemain FIFA  kalah nyata dibandingkan PES. Dalam hal grafik pemain, PES lebih terlihat natural dan lebih identik dengan pemain aslinya dibandingkan FIFA
  3. PES tidak memiliki banyak lisensi resmi seperti FIFA. Dalam FIFA hampir semua klub dalam liga besar dunia sudah memiliki lisensi sedangkan di PES tidak. Jadi jangan heran jika agan akan mendapati klub di PES yang jersey nya berbeda dengan aslinya (misalnya tidak ada logo sponsor di jersey nya). Atau pun logo dan nama klub yang berbeda juga. Ini karena PES tidak mengantongi lisensi resmi nya.

Kesimpulannya kedua game tersebut memperbaiki fiturnya sebisa mungkin untuk memuaskan para gamer. Pendapat saya yang manakah yang direkomendasikan untuk dimainkan? Tentu saja kedua nya. Karena kedua game tersebut memberikan pengalaman yang berbeda dalam permainan simulasi sepakbola kita.
Sekian dulu, ditunggu komentarnya gan :)

Comments