TIPS MENGUBAH TAMPILAN APLIKASI DAPODIK

Salam Hangat dari Hamdan. Juragan rekan Operator / admin sekolah atau guru yang diberi mandat mengentri data sekolah melalui aplikasi Dapodik tentunya sudah sering berkutat dengan aplikasi ini. Seluk beluk aplikasi pastilah sudah hafal sampai ke akar-akarnya ( :D kaya pohon aja) tapi mungkin beberapa dari kita belum tahu betul kalau sebenarnya aplikasi ini bisa kita otak atik dengan kraetivitas kita sendiri supaya bisa terlihat berbeda dengan orang lain. Tampilan yang saya maksud bukan Cuma warna nya loh gan yang ada di setting bawaan aplikasi, tapi semua tampilan aplikasi mulai dari halaman login sampai logo yang muncul.
Nah postingan kali ini Hamdan akan berbagi kepada juragan semua cara mengubah tampilan aplikasi dapodik, tanpa ada maksud apa-apa jika ingin mencoba atau memberikan ciri khas tampilan untuk aplikasi dapodik sekolahnya masing-masing tentu tidak ada salahnya kan? :)
Berawal dari keisengan saya, sebenarnya saya sudah melakukan ini dari semenjak dapodik versi 3. Saya merubah tampilan aplikasi agar berbeda dengan milik sekolah lain, dan ternyata respon dari rekan admin dapodik lain cukup respect dengan apa yang saya lakukan. Karena banyak permintaan dari rekan-rekan itulah yang membuat saya menulis postingan ini.
Sebelum kita ke langkah-langkah nya ada beberapa pertanyaan yang sering saya terima
1. apakah melakukan perubahan ini merubah struktur data di aplikasi dapodik?
Jawab: TIDAK SAMA SEKALI. Yang agan rubah hanya tampilan nya saja, jadi bisa dijamin SEMUA DATA AMAN.
2. apakah melakukan perubahan ini mempengaruhi koneksi ke server, data yang dikirim, syncronisasi, validitas data dll?
Jawab : TIDAK SAMA SEKALI, sekali lagi yang dirubah itu Cuma tampilan nya saja. Data yang lain aman gan
3. Jika ganti versi apakah tampilan kembali ke awal?
Jawab : tampilan kreasi agan akan menetap walaupun ganti versi, kecuali agan merubahnya kembali ke tampilan awal dengan sengaja (nanti ada caranya ;) ) atau agan install ulang lalu menghapus history dari browser juragan
Pertanyaan lain kalau masih ada nanti aja tulis di komen nya juragan di bawah. Sekarang kita bahas cara merubah tampilan nya.
Perhatikan langkah merubah tampilan nya sebagai berikut.
1. Pertama temukan Gambar tampilan yang ingin agan rubah. Saya contohkan merubah tampilan login aplikasi. Biasanya kumpulan tampilan aplikasi ada di folder Program Data di directory dimana dapodik agan di install. Karena saya menginstall di drive C. Maka kumpulan gambar tampilan nya ada di Drive C: > Program Files > dapodikdas > Data Web > apps > web > resources > images  nah di dalam folder images itulah semua gambar tampilan disimpan. Seperti gambar di bawah

Silahkan agan lihat satu-satu file gambar, mulai dari pendataan15-splash.jpg, tutwuri-icons.png dan yang lainnya dalam folder tersebut, jika gambar itu dilihat satu persatu agan pasti tahu kapan dan dimana dalam aplikasi gambar tersebut ditampilkan.
Lalu bagaimana cara merubahnya? Ya tentu saja agan tinggal edit gambarnya. Bisa agan tambahkan foto, tulisan, background dan sebagainya tergantung kreativitas juragan. Setelah selesai mengedit lalu simpanlah gambar tersebut.
CATATAN PENTING adalah agan JANGAN MERUBAH UKURAN, JENIS FILE GAMBAR (JPG, PNG, DLL), DAN NAMA FILE yang agan edit. Yang agan rubah cukup tampilan nya saja, bisa agan tambah nama sekolah, foto, logo sekolah, logo kabupaten atau yang lainnya asalkan aturan penting yang tadi saya sebutkan tidak diganti. Jika agan ganti maka gambar hasil kreasi agan tidak akan tampil di aplikasi. Tentu nya saya tidak perlu menyebutkan aplikasi seperti photoshop, corel draw (mentok2 pake paint :p ) atau yang lainnya karena agan semua pasti lebih tahu dan lebih mahir dari saya.
Sebagai contoh saya merubah tampilan login dapodik menjadi seperti dibawah, logo dalam aplikasi juga sudah saya rubah menjadi logo sekolah saya. Sehingga aplikasi dapodik sekolah saya mempunya identitas tersendiri dibanding dengan sekolah lain. Berikut ini hasil tampilan yang sudah saya rubah.


Jika agan berfikir melakukan ini buang-buang waktu dan ga ada kerjaan ya itu terserah pendapat pribadi agan, saya Cuma berbagi & menjawab rasa penasaran rekan-rekan kerja saya yang menginginkan perubahan tampilan aplikasi dapodik nya agar tidak monoton.

Sekian dulu untuk posting kali ini, silahkan tulis komentar atau pertanyaan agan di bawah. Dan jangan lupa untuk mendukung web & blog saya ini dimohon berkenan mengklik salah satu iklan di bawah postingan ini.  Terima Kasih.

Comments

  1. biar tampilan ga putih gmn cara nya, itu kan belakang logo putih bakgrounnya gambar yg kedua?

    ReplyDelete
  2. gambar yg kedua gan yg ada logo sekolah, kalau bakgronnya diganti foto bisa gan, itu kan gambar kedua logo dasarnya warna putih, kalau garis2 yg warna biru dipengaturan sdh bisa diganti2 warna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk ganti backgroun putih di aplikasi harus pakai coding CSS ato html nya sis.. jd lebih aman jgn diganti. ngga keliatan juga kan sis klo background app nya pake foto :)

      Delete

Post a Comment