TRIK MENGATASI AUTO LOG OUT E-PUPNS


Salam Hangat dari Hamdan, juragan PNS atau rekan operator semua pasti sedang disibukan dalam mengisi form online di situs BKN yang kita sebut dengan EPUPNS, pastinya mendekati deadline ini server sering down, error, dan menjadi kendala kita semua untuk memasukan data nya. Saya sendiri mengalami hal ini, kendala yang paling membuat kesal adalah ketika kita otomatis Log Out dan harus Log In ulang padahal data yang kita entri belum disimpan. Hal ini sering terjadi karena daya tampung server yang lemah. Juga pengaruh koneksi internet kita. Untuk itu Hamdan akan berbagi tips untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi masalah ini.
Beberapa trik saya lakukan untuk menghindari masalah ini. Salah satunya adalah membuka web saat tengah malam dan dini hari tapi masalah ini tetap terjadi, sehingga saya mencoba beberapa cara lain untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang menurut saya cukup membantu.
1. Buka web BKN minimal di 3 TAB
Login menggunakan akun juragan, lalu akan tampil halaman “Data Utama”. Kemudian juragan klik di menu “Data Riwayat” lalu buka di Tab baru, kemudian klik lagi di menu “Stakeholder” atau menu apa saja yang ada buka lagi di Tab baru. Sehingga dibrowser juragan terbuka 3 Tab yang terhubung ke web BKN seperti gambar dibawah.

Dengan demikin 3 Tab yang terhubung ini mengurangi resiko terputusnya koneksi ke database PUPNS, jika koneksi 1 Tab terputus masih ada Tab yang lain yang menghindarkan kita menjadi Log Out Otomatis. Apakah membuka lebih banyak Tab akan lebih membantu? Malah tidak gan, kalau terlalu banyak justru malah membebani koneksi ke server dan koneksi akan terputus. Jadi saran saya maksimal 3 Tab saja.
2. Anonimox
Cara yang kedua ini adalah menggunakan extension atau aplikasi tambahan untuk browser juragan, karena saya memakai Google Chrome saya menggunakan anonimox. Kenapa pakai extension ini? Extension ini sendiri berfungsi sebagai proxy yang membuat agan bisa browsing dengan Identitas / ID dari negara lain. Jika agan menginstall ini di browser juragan bisa memilih ID Proxy. Untuk ID yang berawalan US seperti USE11 misalnya berarti Proxy tersebut berasal dari Amerika, untuk yang berawalan UK dari Inggris dan sebagainya.
Saya menggunakan proxy negara lain ini agar injeksi ke server nya lebih tajam daripada dari Indonesia, karena tentu dari negara kita banyak yang membuka server BKN, kalau dari amerika atau Inggris?  Tentu jarang kan? Atau mungkin tidak ada. Jadi menggunakan proxy ini agar komputer kita tidak terlalu bersaing ketat dengan banyak komputer lain di Indonesia (WARNING : Jangan membuka Email dan Facebook ketika Anonymox aktif. Karena ketika Login di social media maka kita akan terdeteksi login dari negara Amerika, Inggris, dsb. Mengakibatkan social media menganggap akun kita diretas dan akan di blokir. Kecuali agan pernah login dari  negara lain ketika berlibur maka akun socmed akan menganggap hal ini biasa saja namun kalau tidak resiko terblokir bisa terjadi).

Untuk ekstension anonymox sendiri saya tidak menyediakan mentahan nya gan, karena ekstension ini mudah didapat, agan tinggal search Anonymox di google pasti ketemu. Lalu install ekstension nya tidak besar kok malah sangat kecil download nya tidak sampai semenit.
Sampai saat ini kedua cara di atas yang saya pakai dan berhasil mengatasi auto log out dari server BKN. Tentu yang paling utama adalah faktor daya tampung server dan koneksi internet yang kita punya gan tapi tidak ada salah nya mencoba cara diatas agar pekerjaan lebih mudah.
(WARNING KE-2 : Saat Anonymox aktif, Situs yang diblokir pemerintah seperti Situs yang mengandung SARA dan PORNOGRAFI menjadi BISA DIAKSES. Harap hati-hati)

Sekian dulu jika ada pertanyaan ditunggu komentar nya dibawah, & untuk mendukung penulis (saya :D ) silahkan klik salah satu iklan di bawah pos ini. Terima kasih atas kunjungan nya

Comments

Post a Comment