CARA MENGGANTI VIBRATOR STICK PS3 (TUTORIAL)


Salam Hangat dari Hamdan, kali ini Hamdan share cara mengganti Vobrator Stick PS3 yang sudah rusak. Ciri-ciri rusaknya Vibrator pada PS3 adalah Controller sama sekali tidak bergetar walaupun kabel, tombol dan bagian yang lain sudah di cek dalam keadaan baik. Langsung saja ke langkah-langkah memasangkan motherboard yang baru.

LANGKAH 1. BUKA TUTUP BELAKANG STICK CONTROLLER

Langkah pertama adalah membuka bagian belakang stick controller, di bagian belakang ada 5 lubang tempat mur dipasangkan, gunakan obeng yang berukuran 7,2mm untuk membuka ke-5 mur / baut di belakang stick ini.

LANGKAH 2. LEPAS BAGIAN TUTUP BELAKANG STICK CONTROLER

Untuk membuka bagian belakang stick controler tekan bagian tengah stick (antara bagian atas dan pegangan bawah) lalu perlahan angkat dan buka BAGIAN BAWAH TERLEBIH DAHULU (LIHAT GAMBAR!) setelah bagian bawah terbuka cukup lebar maka lanjutkan ke langkah 3
LANGKAH 3. LEPAS BAGIAN TUTUP BELAKANG BAGIAN ATAS

Perlahan dorong tutup controler bagian atas sampai tutup bagian belakang stick terbuka dan lepas semua. Hati-hati jangan sampai merusak Tombol L2 dan R2 pada Stick
LANGKAH 4. ANGKAT BATERAI PERLAHAN

Angkat bagian baterai perlahan menjauh dari motherboard sehingga kabel konektor baterai bisa kita lihar dengan jelas.
LANGKAH 5. COPOT KABEL KONEKTOR BATERAI

Perlahan copot kabel konektor baterai dari socketnya yang menempel pada mother board. “Pinset” atau alat sejenisnya akan sangat membantu ketika pertama kali mencabut konektor ini.

LANGKAH 6. BUKA MOTHERBOARD DARI TUTUP STICK BAGIAN DEPAN

Untuk melepas motherboard yang menempel ke bagian depan stick pertama lepas dulu mur / baut yang berada ditengah motherboard (Lihat Gambar yang Dilingkari warna Merah) gunakan obeng berukuran 7,2mm untuk membukanya.

LANGKAH 7. BUKA TOMBOL R1 DAN L1

Untuk membuka dua tombol tersebut geser dulu tombol R2 dan L2 ke bawah sehingga tombol R1danL1 dapat digeser pula kebawah dan dilepas.

LANGKAH 8. LEPASKAN VIBRATOR MOTOR DARI DUDUKAN DEPAN STICK

Perlahan angkat bagian motor vibrator agar terlepas dari dudukan tutup stick bagian depan.

LANGKAH 9. GANTI VIBRATOR MOTOR YANG RUSAK LALU SOLDER ULANG

Ganti Vibrator motor dengan yang baru, lalu solder ulang kabel konektor vibrator ke motherboard. ingat kabel warna merah selalu berada diatas dan kabel hitam dubawah (Lihat Gambar). Setelah selesai pasang ulang semua perangkat seperti langkah diatas berurutan terbalik.

Sekian dulu postingan kali ini, semoga berhasil dengan bongkar membongkar sticknya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar dibawah, dan jangan lupa untuk mendukung web ini klik salah satu sponsor / iklan yang muncul di web ini. Terimakasih. 

Comments