CARA MENGGANTI MOTHERBOARD PS4 YANG RUSAK


Salam Hangat dari Hamdan. Kali ini saya akan share cara mengganti mainboard PS4 yang rusak dengan mainboard yang baru. Ciri dari kerusakan mainboard adalah sistem ps4 mati total walaupun tidak ada masalah pada koneksi power, atau masalah lainnya.
Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini secara berurutan.
1. Balikan console PS4 ke arah bawah (bagian atas jadi menghadap bawah)

2. Lepaskan  4 Stiker Segel yang terpasang pada console karena menutupi lubang baut. “INGAT MEMBUKA STIKER INI SENDIRI OTOMATIS MENGHILANGKAN GARANSI PS4 JURAGAN”

3. Lepaskan 4 baut menggunakan obeng ukuran 9mm

4. Setelah baut terlepas semua, keadaan console masih menghadap terbalik ke bawah. Buka bagian bawah console (yang menghadap ke atas)


5. Lepaskan lagi 5 buah baut yang terpasang (Lihat Gambar) yang dilingkari merah 3 buah baut berukuran 9mm sedangkan yang dilingkari merah bisa dibuka menggunakan obeng philip 4cm #1. (atau obeng lain yang berukuran cocok)

6. Lepaskan bagian powersuply dari console. Sebelum melepaskan powersuply copot dulu clip konektor kabel power suply ke motherboard menggunakan pinset.

7. Lepaskan Kabel Pita yang terhubung dengan Optical Drive (Optic DVD) dengan cara menekan bagian metal pada klip lalu tarik perlahan kabel pita nya hingga terlepas (ini tidak perlu dipaksa gan, asal metal ditekan dengan benar, kabel akan mudah ditarik).

8. Lepaskan klip konektor kabel Optical Drive dari motherboard dengan menggunakan pinset

9. Lepaskan kabel konektor wifi dari motherboard menggunakan pinset


10. Lepaskan lagi 5 baut yang terdapat disekeliling optical drive, yang dilingkari merah menggunakan baut 9mm sedangkan yang lingkaran biru menggunakan baut 4mm

11. lepaskan antena wifi

12. Angkat dan lepaskan optical drive

13. Sekarang balikan lagi console ps4 ke posisi semula (bagian bawah kembalikan ke bawah, bagian atas menghadap keatas) lalu tekan dan dorong perlahan bagian depan lalu lepaskan.

14. Akan terlihat tempat dudukan Hardisk. Lepaskan 3 buah baut. Yang dilingkari biru berukuran 9mm dan yang dilingkari merah berukuran 5mm.

15. Tarik dan lepaskan hardisk dari dudukannya


16. Lepaskan bagian atas yang masih menutupi console dengan mengangkatnya ke bagian belakang.

17. Lepaskan 12 baut berukuran 9mm yang menghubungkan dudukan motherboard

18. Lepaskan 2 buah baut yang menghubungkan dudukan suport lalu angkat bagian metalnya

19. Angkat dudukan metal yang menutupi motherboard

20. Lepaskan clip konektor tiga buah kabel yang terhubung ke motherboard menggunakan pinset

21. Angkat dan lepaskan motherboard lalu ganti dengan yang baru.

Sekian dulu postingan kali ini, selamat mengotak-atik console, jika ada pertanyaan jangan sungkan memberikan komentar dibawah postingan ini. Jangan Lupa dukung selalu web & blog saya ini dengan mengklik salah satu iklan / sponsor yang muncul di halaman web & blog ini, terima kasih  


Comments

  1. gan mau nanya, klo kena ic nya msh bs dibenerin gak ya?ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Integrated Circuit (IC) yg rusak otomatis harus ganti motherboard scra keseluruhan gan. bisa diperbaiki sesuai tutorial diatas dengan menggunakan motherboard yang baru

      Delete
    2. Beli mb dimana gan. Ada toko recomennd

      Delete
    3. toko / lapak yg jual blm banyak gan, sy jg kmrn dapet beli online dr suplier luar negeri tp barang dikirim sm distributor lokal

      Delete
  2. Mas hamdan tolongin saya dong , motherboard ane retak gara gara jatoh, mau beli motherboard dmn ya ? dan harganya berapa? Matur nuhun

    ReplyDelete
  3. Numpang tanya, saya kesulitan mencari motherboard CUH-2006A ps4 slim,,apakah bisa dipasang model CUH yg lain,

    ReplyDelete
  4. Kalau BD gak kebaca bagaimana

    ReplyDelete

Post a Comment