BERMAIN PS4 VIA LAPTOP / MACBOOK (HAMDAN’S REVIEW)


Salam Hangat dari Hamdan, Mulai minggu ini semua juragan gamers bisa bermain PS4 nya via PC / Mac. Teori nya tentu terdengar sangat menarik ya gan? Tapi sebenarnya bagaimana hal ini bekerja? Saya mencoba meluangkan beberapa waktu untuk mencoba Remote Play untuk mengetahui bagaimana bermain PS4 via PC / Mac. FYI yang saya pakai adalah PC (Windows).

Sebelumnya bagi agan yang belum tahu apa itu “Remote Play”? Remote Play adalah aplikasi / software resmi keluaran sony untuk dapat memainkan (Secara Stream) games dari console sony. Jangan salah tangkap kalau Remote Play itu bekerja seperti emulator yang dapat membuat kita memainkan games PS4 di PC/Mac tanpa memiliki console PS4 sendiri. Remote Play bekerja hanya sebagai device penghubung sehingga games PS4 bisa ditampilkan melalui perantara (dalam kasus ini perantara nya adalah PC / Laptop), jadi tentu agan harus punya console PS4 nya dulu untuk bisa menggunakannya. Pertama rilis Remote Play hanya terbatas pada PS Vita saja. Tapi beberapa waktu kemarin Remote Play akhirnya bisa digunakan untuk PS4. Bagaimana kinerja nya dalam dunia nyata? Apakah sebagus iklan nya? Hamdan tulis review nya disini.

Pertama tentu saya butuh mentahan untuk software Remote Play ini, langsung saja ke website resmi sony dan download software nya. lalu install di notebook saya. Beberapa teman yang lebih dulu berpengalaman memasang software ini mengalami trouble konektivitas saat proses installasi, tapi entah kenapa saya tidak mengalaminya dan proses install lancar jaya (mungkin kesalahan koneksi sudah diperbaiki sekarang).  Masalah justru terjadi ketika PC saya mencoba Koneksi dengan Console PS4. Selidik punya selidik ini dikarenakan perbedaan setting internet antara ethernet dan wireless. Masalah bisa diatasi selama PC dan console kita terkoneksi dalam satu WIFI yang sama.

Setelah software berhasil di install, hubungkan stick PS4 agan ke PC / Laptop dengan menggunakan kabel USB nya. maka PC otomatis akan muncul menu seperti tampilan PS4 pada TV.


Hal yang pertama harus agan lakukan adalah masuk ke menu setting. Kenapa? Karena dalam setting default (setting bawaan pabrik) software Remote Play ini Streaming dengan ukuran video 540p dan Frame Rate 30FPS. Makanya kalau settingan tidak kita rubah gambar akan terlihat pecah ketika full screen, berbeda sekali dengan bermain di HDTV. Rubah settingan ke 720p karena ukuran itu yang paling tinggi di settingan Remote Play. Jadi jangan heran ya gan kalau setting sudah dirubah tapi gambar nya masih terlihat pecah, karena pc saya sendiri resolusinya 1080p lebih besar dari settingan Remote Play. Dan jangan lupa rubah juga FPS nya ke 60FPS.

Langsung saya coba bermain dengan remote play via PC saya, saya coba game Rocket League yang gambar nya 3D standar tidak terlalu HD, dan ternyata......

1. Entah kenapa stick controller jadi kurang responsive, dibandingkan main langsung di HD TV respon stick menjadi lebih lambat, membuat kita jadi sedikit lebih sulit bermain karena harus menekan tombol lebih cepat dari biasanya.

2. walau sudah di setting ke 60 FPS entah kenapa gambar masih patah-patah, mungkin FPS nya drop ke sekitar 40FPS. Kesimpulannya walaupun kita setting ke 60 FPS tetap saja tergantung kinerja hardware PC kita (termasuk GPU dan RAM)

3. Masalah sama sekali tidak terjadi kalau kita bermain game 2D. Mungkin tanpa grafik 3D software jadi bekerja lebih ringan.

Kesimpulan review Hamdan kali ini
1. Remote Play 100% works dan benar bisa dimainkan di PC apa saja yang spec nya memadai.
2. Tidak ada masalah installasi & konektivitas
3. Remote Play hanya bagus untuk games 2D. Untuk games 3D jangan harap agan akan melihat pergerakan & grafik yang sama dengan bermain di TV.
4. setidaknya Remote play bisa dipakai ketika TV kita rusak/lagi berebutan sama nyokap yang pengen nonton sinetron.
5. MUNGKIN kedepan nya akan ada update untuk Remote Play, agar kekurangan nya sekarang bisa diperbaiki.

Terimakasih sudah berkunjung, jika ada hal yang perlu ditanyakan silahkan komentar di bawah.

Comments

Post a Comment