PS4 BERKEDIP BIRU DAN TIDAK BISA MENYALA

Salam hangat dari Hamdan, bagi juragan pengguna console Playstation 4 keluaran sony ini beberapa pasti ada yang mengalami hal berikut, console tidak bisa menyala, saat di hidupkan dan tombol power ditekan, lampu indikator yang harusnya menyala warna putih malah berkedip warna biru atau warna merah. Dan tidak ada tampilan video atau audio yang tampil di layar tv karena console memang tidak dalam keadaan power on.

Tentu juragan akan panik dan bingung bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, jika garansi masih berlaku pasti kita akan langsung berfikiran untuk menukarkan nya kembali ke outlet / toko, tapi tentu saja akan memakan waktu yang lama apalagi jika agan belinya bukan di toko atau outlet resmi dari Sony.

Nah untuk tindakan pertama dalam kasus ini silahkan agan ikuti langkah berikut sebagai cara mengatasi masalah tersebut.

Pertama kita ke sumber masalah nya dulu, bagian mana yang menjadi masalah atau penyebab terjadinya anomali ini? sumber masalah nya itu ada 2 gan yaitu :
1. Problem di Power Suply
2. Problem di Hard Drive (Hardisk)
Mari kita bahas per poin.

1. Blinking Blue/Red Light Akbat Problem Power Suply
Silahkan agan lihat bagan berikut ini

Matikan console ps4 agan secara total dengan cara menekan tombol power dan tahan selama kurang lebih 7 detik sampai terdengar bunyi bip sebanyak 2 kali.
Kemudian cabut kabel power dari steker listrik (PERHATIAN: “Dilarang mencabut steker listrik sebelum console mati total, jika lampu indikator masih berkedip lalu agan cabut stekernya kemungkinan data akan corrupt dan yang terburuk system nya yang corrupt/damaged)
Kemudian cek bagian A, E dan F sesuai gambar bagan di atas, dan teliti apakah ada anomali kerusakan di bagian2 tersebut. Jika tidak ada agan bisa coba menggunakan kabel power lain yang soket nya sama dengan kabel power ps4, misalnya agan pake kabel power ps3 agan dan lihat apakah masalah terpecahkan. Jika masih terjadi berarti masalah bukan ada pada power suply agan.

2. Blinking Blue/Red Light PS4 karena Problem HardDrive
Untuk melakukan pengecekan ini, lakukan langkah seperti sebelumnya ditulis, matikan total PS4 agan lalu cabut kabel power dari steker listrik.
Setelah ps4 mati total silahkan agan buka cover penutup HardDrive seperti gambar di bawah ini.

Setelah cover hardisk terbuka silahkan agan cek apakah hardisk nya sudah dalam posisi yang benar pada soket nya? jika bergeser sedikir atau tidak pas pada tempatnya maka PS4 kita memang tidak akan bisa power on. Perhatikan juga kondisi harddrive apakah ada anomali, tercium bau hangus, atau ada bagian yang terlepas. Jika ada dan terjadi kerusakan pada Hardisk maka agan harus mengganti hardisk ps4 agan.

Jika dari dua solusi itu belum bisa mengatasi problem agan, berarti kerusakan mungkin terjadi di bagian lain, jika agan bisa masuk safe mode pada PS4 agan silakan masuk safe mode kemudian pilih Restore default setting dan restore database >> Cara masuk ke safe mode PS4

Jika masih belum bisa teratasi maka agan usahakan garansi nya agar dapat penggantian console baru dari Sony.

Terima kasih atas kunjungan nya, jangan lupa dukung terus web saya ini dengan mengklik salah satu iklan di website ini. –Hamdan Sufyansury 

Comments

  1. Gan, ps4 ane ko kalo di matiin berkedip warna putih trus yah?
    Ampe berjam2 gk mau mati,,
    Knapa yah gan

    ReplyDelete
  2. gan controller ps 4 ane ko...berkedip terus ya...walaupun udah mati ps.nya...

    ReplyDelete
  3. Sony Playstation 4 layar hitam karena hdmi rusak
    Ini penyebabnya

    ReplyDelete
  4. Gan ps saya sesudah restart lampu berkedip biru terus dan tidak mau muncul gambar di TV kenapa yah?

    ReplyDelete
  5. Klo psu rusak ya tdk mungkin pencet slma 7 detik krn tdk Ada power yg ada hny kedip lgsg mati.

    ReplyDelete

Post a Comment